Herlina, Tengku (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PKN KELAS V SD SWASTA DI KECAMATAN MEDAN TEMBUNG. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136122058 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM. 8136122058 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
3. NIM. 8136122058 ABSTRACT .pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
4. NIM. 8136122058 PREFACE.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
5. NIM. 8136122058 TABLE OF CONTENT .pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
6. NIM. 8136122058 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
7. NIM. 8136122058 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM. 8136122058 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
9. NIM. 8136122058 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (533kB) | Preview
13. NIM. 8136122058 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14. NIM. 8136122058 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Perbedaan hasil belajar PKn antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran ekspositori; (2) Perbedaan hasil belajar PKn antara siswa yang memiliki minat belajar tinggi dan siswa yang memiliki minat belajar rendah; (3) Interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar PKn. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian berjumlah 415 siswa yang terdiri dari 7 sekolah dengan jumlah 415 orang siswa kelas V SD di Kecamatan Medan Tembung, sedangkan sampel berjumlah 62 siswa yang diambil dari dua sekolah dengan menggunakan cluster random sampling. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes hasil belajar IPA dalam bentuk tes pilihan berganda sebanyak 30 butir soal dan angket minat belajar siswa sebanyak 30 item. Untuk menyajikan dan mendeskripsikan data digunakan statistik deskriptif, sementara untuk menguji hipotesis digunakan statistik inferensial. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan ANAVA 2 jalur yang sebelumnya dilakukan uji persyaratan normalitas dan homogenitas. Hasil pengujian hipotesis diperoleh: (1) hasil belajar PKn siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan model pembelajaran ekspositori. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 5,57 > Ftabel = 4,01 pada taraf signifikan α = 0,05 dengan dk (1.58); (2) hasil belajar PKn siswa yang memiliki minat belajar tinggi lebih tinggi daripada siswa yang memiliki minat belajar rendah. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 25,62 > Ftabel = 4,01 pada taraf signifikan α = 0,05 dengan dk (1.58); (3) terdapat interaksi antara penggunaan model pembelajaran dan minat belajar siswa dalam mempengaruhi hasil belajar PKn. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 22,13 > Ftabel = 4,01 pada taraf signifikan α = 0,05 dengan dk (1.58). Berdasarkan hasil análisis data disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tepat digunakan untuk siswa yang memiliki minat belajar tinggi dan model pembelajaran ekspositori lebih tepat digunakan untuk siswa yang memiliki minat belajar rendah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.832 Her p |
Keywords: | Hasil belajar; PKn; Model pemebelajaran; Minat belajar |
Subjects: | J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1338 Public administration > JF1501 Civil service L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 25 Jul 2017 08:33 |
Last Modified: | 25 Jul 2017 08:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25004 |