PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PKN KELAS V SD SWASTA DI KECAMATAN MEDAN TEMBUNG

Herlina, Tengku (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PKN KELAS V SD SWASTA DI KECAMATAN MEDAN TEMBUNG. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8136122058 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8136122058 COVER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8136122058 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8136122058 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8136122058 ABSTRACT .pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8136122058 ABSTRACT .pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8136122058 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8136122058 PREFACE.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8136122058 TABLE OF CONTENT .pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8136122058 TABLE OF CONTENT .pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8136122058 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8136122058 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8136122058 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8136122058 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8136122058 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8136122058 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8136122058 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8136122058 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (533kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8136122058 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8136122058 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8136122058 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8136122058 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Perbedaan hasil belajar PKn antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran ekspositori; (2) Perbedaan hasil belajar PKn antara siswa yang memiliki minat belajar tinggi dan siswa yang memiliki minat belajar rendah; (3) Interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar PKn. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian berjumlah 415 siswa yang terdiri dari 7 sekolah dengan jumlah 415 orang siswa kelas V SD di Kecamatan Medan Tembung, sedangkan sampel berjumlah 62 siswa yang diambil dari dua sekolah dengan menggunakan cluster random sampling. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes hasil belajar IPA dalam bentuk tes pilihan berganda sebanyak 30 butir soal dan angket minat belajar siswa sebanyak 30 item. Untuk menyajikan dan mendeskripsikan data digunakan statistik deskriptif, sementara untuk menguji hipotesis digunakan statistik inferensial. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan ANAVA 2 jalur yang sebelumnya dilakukan uji persyaratan normalitas dan homogenitas. Hasil pengujian hipotesis diperoleh: (1) hasil belajar PKn siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan model pembelajaran ekspositori. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 5,57 > Ftabel = 4,01 pada taraf signifikan α = 0,05 dengan dk (1.58); (2) hasil belajar PKn siswa yang memiliki minat belajar tinggi lebih tinggi daripada siswa yang memiliki minat belajar rendah. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 25,62 > Ftabel = 4,01 pada taraf signifikan α = 0,05 dengan dk (1.58); (3) terdapat interaksi antara penggunaan model pembelajaran dan minat belajar siswa dalam mempengaruhi hasil belajar PKn. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 22,13 > Ftabel = 4,01 pada taraf signifikan α = 0,05 dengan dk (1.58). Berdasarkan hasil análisis data disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tepat digunakan untuk siswa yang memiliki minat belajar tinggi dan model pembelajaran ekspositori lebih tepat digunakan untuk siswa yang memiliki minat belajar rendah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.832 Her p
Keywords: Hasil belajar; PKn; Model pemebelajaran; Minat belajar
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1338 Public administration > JF1501 Civil service
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 25 Jul 2017 08:33
Last Modified: 25 Jul 2017 08:46
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25004

Actions (login required)

View Item
View Item