Butarbutar, Daud Herianto (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR MENGANALISIS RANGKAIAN LISTRIK SISWA KELAS X TITL SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
5103331007 COVER.PDF - Published Version
Download (119kB) | Preview
5103331007 LEMBAR PENGESAHAN.PDF - Published Version
Download (372kB) | Preview
5103331007 ABSTRAK.PDF - Published Version
Download (228kB) | Preview
5103331007 KATA PENGANTAR.PDF - Published Version
Download (254kB) | Preview
5103331007 DAFTAR ISI.PDF - Published Version
Download (172kB) | Preview
5103331007 DAFTAR GAMBAR.PDF - Published Version
Download (33kB) | Preview
5103331007 DAFTAR TABEL.PDF - Published Version
Download (34kB) | Preview
5103331007 DAFTAR LAMPIRAN.PDF - Published Version
Download (35kB) | Preview
5103331007 BAB I.PDF - Published Version
Download (569kB) | Preview
5103331007 BAB V.PDF - Published Version
Download (148kB) | Preview
5103331007 DAFTAR PUSTAKA.PDF - Published Version
Download (147kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Menganalisis Rangkaian Listrik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Solving di kelas X TITL SMK Negeri 1 Lubuk Pakam dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Menganalisis Rangkaian Listrik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Ekspositori. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X TITL SMK Negeri 1 Lubuk Pakam tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel digunakan dengan cara teknik random, dimana yang terpilih sebagai kelas eksperimen (kelas yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Problem Solving) adalah siswa kelas X TITL1 SMK Negeri 1 Lubuk Pakam yang berjumlah 36 orang, sedangkan yang terpilih sebagai kelas kontrol (kelas yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Ekspositori) adalah siswa kelas X TITL2 SMK Negeri 1 Lubuk Pakam yang berjumlah 32 orang. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen, yang mana dalam pelaksanaannya sengaja diberikan perlakuan (treatment) kepada kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data dijaring dengan menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah validitas test, indeks kesukaran soal, reliabilitas test, pengolahan data, dan teknik analisis data. Penelitian ini dilakukan selama 3 pertemuan. Nilai rata-rata pada kelompok eksperimen sebesar 7,5 dan nilai rata-rata pada kelompok kontrol sebesar 6,2. Untuk menguji normalitas data digunakan uji Liliefors pada taraf kepercayaan (α) sebesar 5%. Uji normalitas hasil belajar siswa Menganalisis Rangkaian Listrik kelas eksperimen diperoleh Lhitung sebesar -0,017 dan Ltabel sebesar 0,148 karena Lhitung (-0,017) < Ltabel (0,148) maka data hasil belajar siswa pada kelas eksperimen berdistribusi normal. Uji normalitas hasil belajar siswa Menganalisis Rangkaian Listrik kelas kontrol diperoleh Lhitung sebesar -0,013 dan Ltabel sebesar 0,157 karena Lhitung (-0,013) < Ltabel (0,157) maka data hasil belajar siswa pada kelas kontrol berdistribusi normal. Untuk menguji homogenitas data digunakan uji-F. Uji homogenitas data hasil belajar siswa Menganalisis Rangkaian Listrik diperoleh Fhitung sebesar 1,48 dan Ftabel sebesar 1,80 karena Fhitung (1,48) < Ftabel (1,80) maka kedua kelompok sampel (kelas eksperimen dan kelas kontrol) berasal dari populasi yang sama atau homogen. Pengujian hipotesis dihitung menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung sebesar 8,101 dan ttabel sebesar 1,668 karena thitung (8,101) > ttabel (1,668) maka H0 ditolak dan Ha diterima, dengan demikian hasil belajar siswa pada mata pelajaran menganalisis rangkaian listrik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Solving di kelas X TITL SMK Negeri 1 Lubuk Pakam lebih tinggi daripada hasil belajar siswa pada mata pelajaran menganalisis rangkaian listrik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Ekspositori.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 ELK 041 |
Keywords: | Model pembelajaran problem solving; Hasil belajar; Menganalisis rangkaian listrik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 24 Jul 2017 11:18 |
Last Modified: | 25 Jul 2017 04:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24990 |