Gultom, Faldy Bonardo (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA LCD PROYEKTOR TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR-DASAR GAMBAR TEKNIK PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI BATU DAN BETON SMK NEGERI 2 PEMATANGSIANTAR. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM_ 5123111016 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM_5123111016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
3. NIM_ 5123111016 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
4. NIM_ 5123111016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
5. NIM_ 5123111016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
6. NIM_ 5123111016 TABLES.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
7. NIM_ 5123111016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
8. NIM_ 5123111016 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
9. NIM_ 5123111016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
13. NIM_ 5123111016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
14. NIM_ 5123111016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Dasar-Dasar Gambar Teknik yang diajarkan dengan Media LCD Proyektor lebih tinggi dari pada hasil belajar dasar-dasar gambar teknik yang diajarkan tanpa menggunakan media pembelajaran. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas TKBB 1 berjumlah 26 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas TKBB 2 berjumlah 21 orang sebagai kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment yang menggunakan desain pre-test dan post-test, kelas esksperimen diberi perlakuan berupa penggunaan Media LCD Proyektor dan kelas kontrol diberi perlakuan berupa penggunaan media Gambar. Instumen penelitian terlebih dahulu diuji cobakan dilanjutkan dengan uji validitas, reliabilitas, indeks kesukaran dan daya beda soal. Hasil uji coba tes hasil belajar Dasar-Dasar Gambar Teknik dari 30 butir soal tes yang diuji cobakan diperoleh 25 butir soal valid dengan koefisien reliabilitas 0,852 termasuk sangat tinggi. Untuk indeks kesukaran soal terdapat 24 soal yang sedang dan 1 soal yang sukar dan daya pembeda soal terdapat 1 soal sangat baik,13 soal baik, 11 soal cukup. Hasil uji-t sampel independen rata-rata post-test pada taraf kepercayaan 95% menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan. Hal ini dibuktikan dengan thitung > ttabel (3,411 > 1,680). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dasar-dasar gambar teknik yang diajarkan dengan menggunakan media LCD Proyektor lebih tinggi dari pada hasil belajar dasar-dasar gambar teknik yang diajarkan dengan pembelajaran demonstrasi siswa kelas X TKBB di SMK Negeri 2 Pematangsiantar Tahun Pelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BAN 038 |
Keywords: | Hasil belajar; Gambar teknik; Media LCD proyektor; Media gambar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 24 Jul 2017 11:15 |
Last Modified: | 24 Jul 2017 04:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24984 |