Nilawati (2017) PENGARUH PENGGUNAAN METODE BERCAKAP-CAKAP TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK QURRATU A'YUN DI JALAN. DELITUA NO 74 DESA MEKAR SARI T.A 2016-2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133371029_COVER.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
2. NIM. 1133371029_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
3. NIM. 1133371029_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
4. NIM. 1133371029_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
5. NIM. 1133371029_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
6. NIM. 1133371029_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
7. NIM. 1133371029_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
8. NIM. 1133371029_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
9. NIM. 1133371029_BAB I.pdf - Published Version
Download (626kB) | Preview
13. NIM. 1133371029_BAB V.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
14. NIM. 1133371029_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui kemampuan berbahasa anak
usia 5-6 tahun menggunakan metode bercakap-cakap di TK Qurratu A’Yun di Jalan.
Delitua No. 74 Desa Mekar Sari T.A. 2016/2017. (2) Untuk mengetahui kemampuan
berbahasa anak usia 5-6 tahun menggunakan metode konvensional di TK Qurratu
A’Yun di Jalan. Delitua No. 74 Desa Mekar Sari T.A.2016/2017. dan (3) Untuk
mengetahui pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berbahasa anak usia 5-6
tahun dengan menggunakan metode bercakap-cakap di TK Qurratu A’Yun di Jalan.
Delitua No. 74 Desa Mekar Sari T.A. 2016/2017.
Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan Jenis penelitian ini
adalah True eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas B TK
Qurratu A’Yun yang terdiri dari 2 kelas setiap kelas terdiri atas 15 orang.
Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling instrumen yang
digunakan untuk mengetahui kemampuan berbahasa anak adalah lembar observasi
kemampuan berbahasa anak. dengan teknik analisis data Uji Normalitas, Uji
Homogenitas, dan Uji Hipotesis.
Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 6,06 dan
nilai rata-rata pretes 6,2. Pada pengujian normalitas dan homogenitas diperoleh
bahwa data pretes berdistribusi normal dan variansnya homogen. Dari hasil uji beda
nilai kedua kelas thitung = 0,1942 dan ttabel = 0,220, karena thitung < ttabel maka Ho
diterima, maka dapat disimpulkan bahwa kedua kelas memiliki kemampuan awal
yang sama. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan
metode bercakap-cakap kelas kontrol dengan model konvensional. Nilai rata-rata
postes kelas eksperimen 10,9 dan kelas kontrol 6,6. Pada pengujian normalitas dan
homogenitas diperoleh bahwa data pretes berdistribusi normal dan variansnya
homogen. Jika harga thitung dibandingkan dengan harga ttabel diperoleh thitung > ttabel
yakni 11,37 > 1,70 maka Ha diterima, yang artinya ada perbedaan akibat pengaruh
penggunaan metode bercakap- cakap terhadap kemampuan berbahasa anak usia 5-6
tahun. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bercakap-cakap memberi
pengaruh yang positif terhadap kemampuan berbahasa anak usia 5-6 tahun di TK
Qurratu A’Yun
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PLS 057 |
Keywords: | METODE BERCAKAP-CAKAP, KEMAMPUAN BERBAHSA ANAK |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Jul 2017 14:51 |
Last Modified: | 25 Jul 2017 05:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24948 |