Rifai, Abdul Aziz (2017) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK SWASTA YAPIM SEI GLUGUR 1. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5101121001 COVER.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
2. NIM. 5101121001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (423kB) | Preview
3. NIM. 5101121001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
4. NIM. 5101121001 PREPACE.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
5. NIM. 5101121001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
6. NIM. 5101121001 TABLES.pdf - Published Version
Download (5kB) | Preview
7. NIM. 5101121001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (4kB) | Preview
8. NIM. 5101121001 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
9. NIM. 5101121001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
13. NIM. 5101121001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
14. NIM. 5101121001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran Menggambar Teknik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kontekstual dengan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran konvensional pada pembelajaran Menggambar Teknik kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan maret 2017. Lokasi penelitian di SMK Swasta YAPIM Sei Glugur 1. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan SMK Swasta YAPIM Sei Glugur 1 sebanyak dua kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan SMK Swasta YAPIM Sei Glugur 1. Pemilihan di dapat kelas X Teknik Kendaraan Ringan 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol kelas X Teknik Kendaraan Ringan 2 dengan jumlah siswa 60 orang dan dibagi menjadi 30 orang untuk kelas eksperimen dan 30 orang lagi untuk kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah True Experimental Design dengan desain Posttest-Only Control Design. Teknik pengumpulan data dijaring dengan menggunakan test objektif. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.Untuk menguji normalitas data digunakan uji Liliefors pada taraf signifikan (α) sebesar 0.05. Dari pengolahan data diperoleh nilai rata-rata kelas kontrol 64,9, standar deviasi 7,10, penyebaran nilai siswa terbanyak adalah 60 sebanyak 5 orang atau sekitar 16,67 %. Nilai rata-rata kelas eksperimen 83,6, standar deviasi 6,73, penyebaran nilai siswa terbanyak adalah 88 sebanyak 5 orang atau sekitar 16,67. Berdasarkan uji normalitas, hasil post-test dinyatakan berdistribusi normal. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas dilakukan, diketahuilah t0 sebesar 10,33. Selanjutnya, t0 dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% sebesar 2,04. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan, maka dapat diketahui to >ttabel, yakni 10,33 > 2,04. Dengan demikian, Ho (hipotesis nihil) ditolakdan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran terhadap hasil belajar menggambar teknik kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MSN 070 |
Keywords: | Pengaruh strategi pembelajaran kontekstual terhadap,hasil belajar siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ751 Miscellaneous motors and engines Including gas, gasoline, diesel engines |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Jul 2017 11:10 |
Last Modified: | 21 Jul 2017 07:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24937 |