PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK SWASTA YAPIM SEI GLUGUR 1

Rifai, Abdul Aziz (2017) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK SWASTA YAPIM SEI GLUGUR 1. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5101121001 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 5101121001 COVER.pdf - Published Version

Download (26kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 5101121001 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 5101121001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (423kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 5101121001 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 5101121001 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 5101121001 PREPACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 5101121001 PREPACE.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 5101121001 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 5101121001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (11kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 5101121001 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 5101121001 TABLES.pdf - Published Version

Download (5kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 5101121001 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 5101121001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (4kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 5101121001 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 5101121001 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (6kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 5101121001 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 5101121001 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 5101121001 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 5101121001 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 5101121001 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 5101121001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran Menggambar Teknik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kontekstual dengan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran konvensional pada pembelajaran Menggambar Teknik kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan maret 2017. Lokasi penelitian di SMK Swasta YAPIM Sei Glugur 1. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan SMK Swasta YAPIM Sei Glugur 1 sebanyak dua kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan SMK Swasta YAPIM Sei Glugur 1. Pemilihan di dapat kelas X Teknik Kendaraan Ringan 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol kelas X Teknik Kendaraan Ringan 2 dengan jumlah siswa 60 orang dan dibagi menjadi 30 orang untuk kelas eksperimen dan 30 orang lagi untuk kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah True Experimental Design dengan desain Posttest-Only Control Design. Teknik pengumpulan data dijaring dengan menggunakan test objektif. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.Untuk menguji normalitas data digunakan uji Liliefors pada taraf signifikan (α) sebesar 0.05. Dari pengolahan data diperoleh nilai rata-rata kelas kontrol 64,9, standar deviasi 7,10, penyebaran nilai siswa terbanyak adalah 60 sebanyak 5 orang atau sekitar 16,67 %. Nilai rata-rata kelas eksperimen 83,6, standar deviasi 6,73, penyebaran nilai siswa terbanyak adalah 88 sebanyak 5 orang atau sekitar 16,67. Berdasarkan uji normalitas, hasil post-test dinyatakan berdistribusi normal. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas dilakukan, diketahuilah t0 sebesar 10,33. Selanjutnya, t0 dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% sebesar 2,04. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan, maka dapat diketahui to >ttabel, yakni 10,33 > 2,04. Dengan demikian, Ho (hipotesis nihil) ditolakdan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran terhadap hasil belajar menggambar teknik kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 MSN 070
Keywords: Pengaruh strategi pembelajaran kontekstual terhadap,hasil belajar siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ751 Miscellaneous motors and engines Including gas, gasoline, diesel engines
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Jul 2017 11:10
Last Modified: 21 Jul 2017 07:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24937

Actions (login required)

View Item
View Item