Hutabarat, Rut Berdiri (2017) ANALISIS ASPEK STRUKTUR DAN CIRI KEBAHASAAN TEKS NEGOSIASI PADA TULISAN SISWA KELAS X SMA N 1 TARUTUNG TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2133311021 COVER.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
2. NIM 2133311021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (547kB) | Preview
3. NIM 2133311021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4. NIM 2133311021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
5. NIM 2133311021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
6. NIM 2133311021 TABLES.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7. NIM 2133311021 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
8. NIM 2133311021 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
12. NIM 2133311021 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
13. NIM 2133311021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini mengkaji tentang hasil analisis aspek struktur dan ciri kebahasaan teks negosiasi pada tulisan siswa kelas X SMA N 1 Tarutung tahun pembelajaran 2016/2017. Kajian ini dilatarbelakangi karena dalam pembelajaran Kurikulum 2013 ini siswa belum terbiasa dengan pembelajaran berbasis teks berhubung pembelajaran K13 ini masih hal baru bagi siswa dan masih sulit untuk menulis/ memproduksi teks sesuai dengan struktur, dan ciri kebahasaan teks yang akan ditulis. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan, (1) bagaimanakah aspek struktur teks negosiasi pada tulisan siswa kelas X SMA N 1 Tarutung Tahun Pembelajaran 2016/ 2017 (2) bagaimanakah aspek ciri kebahasaan teks negosiasi pada tulisan siswa kelas X SMA N 1 Tarutung Tahun Pembelajaran 2016/ 2017. Permasalahan tersebut diteliti di SMA N 1 Tarutung. Penelitian ini menggunakan sumber data yaitu kelas X IPA 1 dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah peneliti sendiri, lembar soal dan tabel pedoman penilaian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil memproduksi teks negosiasi siswa kelas X SMA Tarutung Tahun Pembelajaran 2016/2017 dengan nilai rata-rata 76,56 berada pada kategori baik. Dengan persentase kemampuan sebanyak 6 (18,75%) siswa berada pada rentang skor 86-100 termasuk dalam kategori baik sekali, sebanyak 10 (31,25%) siswa berada pada rentang skor 76-85 termasuk dalam kategori baik, sebanyak 16 (50) berada pada rentang skor 56-75 termasuk dalam kategori cukup, sebanyak 0 (0%) berada pada rentang skor 10-55 termasuk dalam kategori kurang.Dari hasil kemampuan siswa dalam perhitungan diatas, jelas terlihat kemampuan siswa memproduksi teks negosiasi dikatakan baik, karena nilai rata-rata berada pada kategori baik Dengan demikian hasil dari penelitian ini menemukan bahwa dari hasil memproduksi teks negosiasi siswa tersebut sudah berada dalam kategori baik
Melalui penelitian ini diharapkan semua guru bahasa Indonesia di SMA N 1 Tarutung dapat mengkaji ulang pembelajaran teks negosiasi kepada siswanya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 IND 089 |
Keywords: | Struktur, Ciri Kebahasaan,Teks Negosiasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P121 Science of language (Linguistics) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Jul 2017 10:17 |
Last Modified: | 21 Jul 2017 04:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24935 |