Elminda (2017) PENGARUH PENERAPAM METODE PROYEK TERHADAP PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK KARYA BUNDA TAHUN AJARAN 2016\2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. COVER ELMINDA. NIM 1133313005.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
02. LEMBAR PERSETUJUAN ELMINDA. NIM 1133313005.pdf - Published Version
Download (472kB) | Preview
03. ABSTRAK ELMINDA. NIM 1133313005.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
04. KATA PENGANTAR ELMINDA. NIM 1133313005.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
05. DAFTAR ISI ELMINDA. NIM 1133313005.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
06. DAFTAR TABEL ELMINDA. NIM 1133313005.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
07. DAFTAR GAMBAR ELMINDA. NIM 1133313005.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
08. DAFTAR LAMPIRAN ELMINDA. NIM 1133313005.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
09. BAB I ELMINDA. NIM 1133313005.pdf - Published Version
Download (442kB) | Preview
13. BAB V ELMINDA. NIM 1133313005.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA ELMINDA. NIM 1133313005.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan kreativitas anak usia 5-6 tahun pada semester dua di TK Karya Bunda Laut Dendang T.A 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 30 anak di TK Karya Bunda Laut Dendang yang berjumlah dua kelas yaitu kelas jeruk dan kelas anggur yang masing-masing berjumlah 15 anak. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas jeruk sebagai kelas eksperimen sebnayak 15 anak sedangkan kelas anggur sebagai kelas kontrol sebanyak 15 anak dengan teknik random sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi terstruktur dan analisis data yang dilakukan dalam penelitian adalah analisis deskriptif dengan uji t dengan taraf nyata α =0.05. Dalam penelitian ini variabel yang dikembangkan ialah variabel terikat berupa pengembangan kreativitas indikator yang diamati yaitu menghasilkan ide-ide baru dan penuh imajinatif, sedangkan variabel bebas dalam penelitian ini ialah metode proyek, indikator yang diamati yaitu: dapat bekerjasama dan keingin tahuan yang tinggi.Berdasarkan analisis data diperoleh rata-rata kelas eksperimen 14,4 dengan nilai tertinggi 17 dan nilai terendah 12 sehingga pengembangan kreativitas anak pada kelas eksperimen tergolong pada kategori tinggi sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol 11,8 dengan nilai tertinggi 15 dan nilai terendah 10 sehingga pengembangan kreativitas anak pada kelas kontrol tergolong dalam kategori cukup. Data hasil uji normalitas kelas eksperimen diperoleh L hitung < L tabel yaitu 0,1987 < 0,220, dan kelas kontrol L hitung < L tabel yaitu 0,1619 < 0,220. Dari pengujian homogenitas diperole f hitung = 1,06 dan f tabel 2,48, kemudian dengan uji hipotesis t hitung > t tabel yaitu 6,166 > 1,701 maka hipotesis berbunyi Ho di tolak dan Ha diTerima. Sehingga dapat dinyatakan bahwa “ ada pengaruh yang signifikan terhadap pengembangan kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Karya Bunda T.A 2016/2017.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Metode Proyek dapat memberi Pengaruh yang positif terhadap Pengembangan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun di TK Karya Bunda Laut Dendang T.A 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PAUD 032 |
Keywords: | Metode Proyek; Kreativitas |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 20 Jul 2017 14:44 |
Last Modified: | 20 Jul 2017 08:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24919 |