Harahap, Ade Putri Rumonda (2017) ANALISIS KEPADUAN PARAGRAF PADA TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 16 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2131111001 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM 2131111001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
3. NIM 2131111001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
4. NIM 2131111001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
5. NIM 2131111001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6. NIM 2131111001 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM 2131111001 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM 2131111001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
12. NIM 2131111001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
13. NIM 2131111001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepaduan paragraf yang meliputi: (1) kepaduan bentuk (kohesi) pada teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 16 Medan, dan (2) Kepaduan makna (koherensi) pada teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 16 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah teks eksposisi yang ditulis siswa kelas X MIA1 SMA Negeri 16 Medan tahun pembelajaran 2016/2017. Objek penelitian ini adalah penanda hubungan antar kalimat dan penanda pertalian makna antar kalimat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan suatu keadaan alamiah secara mendalam dan terperinci mengenai kepaduan paragraf pada teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 16 Medan. Untuk menemukan dan mengklasifikasikan penanda hubungan antar kalimat (kohesi) dan penanda pertalian antar makna (koherensi) digunakan teknik membaca teks eksposisi, menganalisis dan mengklasifikasikan penanda, menulis hasil analisis dan menyimpulkan hasil analisis. Instrumen pada penelitian ini adalah peneliti sendiri (human instrument), yaitu sebagai instrumen kunci dengan menggunakan bantuan lembar karangan siswa serta tabel analisis penanda hubungan antar kalimat (kohesi) dan tabel analisis penanda pertalian makna antar kalimat (koherensi). Hasil penelitian kepaduan paragraf pada teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 16 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017 adalah tingkat kepaduan bentuk (kohesi) paragraf dari 20 teks eksposisi siswa adalah 2 teks amat baik, 8 teks cukup baik, 8 teks kurang baik dan 2 teks kurang sekali. Dan tingkat kepaduan makna (koherensi) paragraf dari 20 teks eksposisi siswa adalah 2 teks amat baik, 4 teks baik, 3 teks cukup baik, 10 teks kurang baik dan 1 teks tidak menjalin kepaduan makna.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 IND 059 |
Keywords: | Analisis; Kepaduan Paragraf; Teks Eksposisi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P201 Comparative grammar |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 20 Jul 2017 14:26 |
Last Modified: | 20 Jul 2017 07:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24914 |