Sinaga, Roselly (2017) PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL KELERENG TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK KELOMPOK B DI TK PUTERI SION MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. COVER ROSELLY SINAGA NIM 1133113023.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
02. LEMBAR PERSETUJUAN ROSELLY SINAGA NIM 1133113023.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
03. ABSTRAK ROSELLY SINAGA NIM 1133113023.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
04. KATA PENGANTAR ROSELLY SINAGA NIM 1133113023.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
05. DAFTAR ISI ROSELLY SINAGA NIM 1133113023.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
06. DAFTAR TABEL ROSELLY SINAGA NIM 1133113023.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
07. DAFTAR GAMBAR ROSELLY SINAGA NIM 1133113023.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
08. DAFTAR LAMPIRAN ROSELLY SINAGA NIM 1133113023.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
09. BAB I ROSELLY SINAGA NIM 1133113023.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
13. BAB V ROSELLY SINAGA NIM 1133113023.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA ROSELLY SINAGA NIM 1133113023.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurang berkembangnya kemampuan sosial anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional kelereng terhadap perkembangan sosial anak kelompok B di TK Puteri Sion Medan semester II Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yaitu posstetst-only group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelompok B yang ada di TK Puteri Sion yang berjumlah 40 orang Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling, yaitu memilih sampel dengan acak berdasarkan kelas dengan membuat undian. Cara undian yang dimaksud adalah dengan mengocok 2 gulungan kertas yang berisi nama kelas TK B Puteri Sion (B1 dan B2). Pengambilan pertama terambil satu kelas secara acak yaitu kelas Kelas B1 sebagai kelas eksperimen. Pengambilan kedua terambil satu kelas secara acak yaitu B2 sebagai kelas Kontrol. Untuk kelas eksperimen 20 orang anak dengan permainan tradisional kelereng dan kelas Kontrol dengan permainan tarik tambang. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa anak kelas eksperimen memiliki nilai terendah 15, nilai tertinggi 20 dan nilai rata-rata 18,2 yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang memiliki nilai terendah 12 dan tertinggi 17 dan nilai rata-rata 14,9. Hal ini menunjukkan bahwa perkembangan sosial anak pada kelas eksperimen lebih baik dibanding anak kelas kontrol. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 6,6; nilai N= 38 diperoleh 2,058. Sehingga diperoleh nilai thitung > ttabel (6,6 > 2,058), dengan demikian hipotesis Ho di tolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan “Ada pengaruh yang signifikan dari permainan tradisional kelereng terhadap perkembangan sosial anak kelompok B di TK Puteri Sion Medan T.A 2016/2017”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PAUD 028 |
Keywords: | Perkembangan Sosial; Permainan Kelereng |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 19 Jul 2017 15:48 |
Last Modified: | 19 Jul 2017 09:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24905 |