HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TERHADAP LEMBAR KERJA SISWA DAN INTERAKSI SOSIAL DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA SMP SWASTA KECAMATAN MEDAN DENAI

Khairunnisa (2008) HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TERHADAP LEMBAR KERJA SISWA DAN INTERAKSI SOSIAL DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA SMP SWASTA KECAMATAN MEDAN DENAI. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 025020113 - Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
1. 025020113 - Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 2. 025020113 - Abstrak.pdf]
Preview
Text
2. 025020113 - Abstrak.pdf - Published Version

Download (370kB) | Preview
[thumbnail of 3. 025020113 - Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
3. 025020113 - Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of 4. 025020113 - Bab I.pdf]
Preview
Text
4. 025020113 - Bab I.pdf - Published Version

Download (985kB) | Preview
[thumbnail of 5. 025020113 - Bab V.pdf]
Preview
Text
5. 025020113 - Bab V.pdf - Published Version

Download (406kB) | Preview
[thumbnail of 6. 025020113 - Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
6. 025020113 - Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan urttuk mengetahui apakah terdapat hubungan positifyang signifikan antara persepsi siswa terhadap lembar kerja siswa dan interaksi sosialdengan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan SMP swasta. Kecamatan MedanDenai. Metode penelitian bersifat deskriptif korelasi yaitu bertujuan untukmemperoleh informasi tentang suatu gejala pada saat penelitian dilakukan.Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII semester II pada SMP SwastaKecamatan Medan Denai sebanyak 302, orang, sebanyak 91 orang dipilih sebagaisampel dengan menggunakan teknik sampel acak proporsional (proportional randomsampling). Data hasil belajar diperoleh melalui tes objektif; sedangkan untuk persepsisiswa terhadap lembar kerja siswa dan interaksi sosial diperoleh dengan menggunakanangket. Sebelum alai pengumpulan data digunakan, terlebih dahulu dilakukan ujivaliditas dan reliabilitas. Untuk mengetahui validitas angket dan hasil belajardigunakan rumus Korelasi Product Moment dengan kriteria valid jika rhitung > rtabelpada taraf signifikansi 0,05. Untuk mengetahui reliabilitas angket digunakan rumusAlpha Cronbach, dan reliabilitas tes hasil belajar di hitung dengan rumus KR-20.Dari hasil validitas dan reliabilitas diperoleh hasil sebagai berikut : (1) untukinstrumen tes hasil belajar pendidikan kewarganegaraan yang valid 25 butir dengankoefisien korelasi sebesar 0,911, (2) untuk instrumen persepsi siswa terhadap lembarkerja siswa yang valid 30 butir dengan koefisien korelasi sebesar 0,907, and (3)instrumen interaksi sosial yang valid 35 butir dengan koefisien korelasi sebesar 0,881.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (pertama) terdapat hubungan positifyang signifikan antara persepsi siswa terhadap lembar kerja siswa dengan hasil belajarpendidikan kewarganegaraan dengan persamaan regresi Y = -4,957 + 0,239 X1.Koefisien korelasi 0,837 clan koefisien determinasi 70,10 yang berarti bahwakontribusi persepsi siswa terhadap lembar kerja siswa terhadap hasil belajarpendidikan kewarganegaraan sebesar 70,10%; (kedua) terdapat hubungan positif yangsignifikan antara interaksi sosial dengan hasil belajar pendidikan kewarganegaraandengan persamaan regresi Y = -5,776 + 0,213 X2 Koefisien korelasi 0,851 dankoefisien determinasi 72 yang berarti bahwa kontribusi interaksi sosial terhadap hasilbelajar pendidikan kewarganegaraan sebesar 72%; dan (ketiga) terdapat hubunganpositif yang signifikan antara persepsi siswa terhadap lembar kerja siswa dan interaksisosial secara bersama-sama dengan basil belajar pendidikan kewarganegaraan denganpersamaan regresi ganda Y = 26,837 + 0,123X1 + 0,126X2. Koefisien korelasi ganda0,806 dan koefisien determinasi 65,01 yang berarti bahwa kontribusi persepsi siswaterhadap lembar kerja siswa dan interaksi sosial secara bersama-sama terhadap basilbelajar pendidikan kewarganegaraan sebesar 65,01%.Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa persepsi siswaterhadap lembar kerja siswa dan interaksi sosial cukup signifikan dalarn menjelaskan(mempengaruhi) hasil belajar pendidikan kewarganegaraan siswa SMP Swasta diKecamatan Medan Denai.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.3 Kha h
Keywords: Lembar Kerja Siswa; Interaksi Sosial
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF698 Personality
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 11 Jun 2016 04:33
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2490

Actions (login required)

View Item
View Item