Sitorus, Elsa Solavide (2017) PENGEMBANGAN MODUL PENUNTUN PRAKTIKUM KIMIA KELAS X SMA BERBASIS PROYEK PADA MATERI REAKSI REDOKS. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4132131033 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2 NIM 4132131033 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
3 NIM 4132131033 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
4 NIM 4132131033 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
5 NIM 4132131033 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
6 NIM 4132131033 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
7 NIM 4132131033 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
8 NIM 4132131033 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
9 NIM 4132131033 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
10 NIM 4132131033 BAB I.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
14 NIM 4132131033BAB V.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
15 NIM 4132131033 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh modul penuntun praktikum kimia berbasis proyek yang standar untuk siswa kelas X SMA/MA semester II pada materi reaksi redoks. Populasi dalam penelitian ini adalah penuntun praktikum kimia SMA yang beredar di Sumatera Utara, seluruh guru kimia di SMA Methodist 8 Medan, seluruh dosen kimia di Unimed dan seluruh siswa kelas X di SMA Methodist 8 Medan. Sampel penelitian diambil secara purposive sampling sebanyak satu kelas (29 siswa) SMA Methodist 8 Medan. Penelitian ini bersifat deskriptif dan pengembangan eksperimen (development and research) dengan metode ADDIE (analysis , design, development, implementation, and evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul penuntun praktikum yang telah dikembangkan telah layak dan standar sesuai dengan BSNP. Modul penuntun praktikum reaksi redoks terdiri dari percobaan: mengamatai perubahan warna reaksi redoks, Reaksi redoks pada logam dan reaksi pembakaran. Standarisasi modul penuntun praktikum yang dikembangkan menunjukkan bahwa responden memberikan respon positif dengan nilai rata-rata 3,83 lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata standarisasi penutun praktikum yang ada di sekolah (penuntun praktikum A= 3,15 dan penuntun praktikum B= 3,22). Uji coba modul penuntun praktikum meningkatkan hasil belajar siswa dari 51,38 menjadi 90,17 dengan nilai rata-rata aktivitas siswa 89,40. Data peningkatan hasil belajar yang diperoleh dianalisis dengan uji t dua pihak satu kelompok. Uji t-test untuk hasil belajar diperoleh thitung > t1/2 (14,09 > 2,048) pada taraf 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa modul penuntun praktikum yang telah dikembangkan baik dan layak digunakan untuk pembelajaran kimia di SMA/MA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 027 |
Keywords: | Modul Penuntun Praktikum; Pengembangan; Reaksi Redoks |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 11 Jul 2017 15:07 |
Last Modified: | 12 Jul 2017 07:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24871 |