Harahap, Lia Amalia (2017) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE PADA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI 101774 SAMPALI T.A. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. COVER LIA AMALIA HARAHAP (NIM. 1133111040).pdf - Published Version
Download (15kB) | Preview
02. LEMBAR PERSETUJUAN LIA AMALIA HARAHAP (NIM. 1133111040).pdf - Published Version
Download (389kB) | Preview
03. ABSTRAK LIA AMALIA HARAHAP (NIM. 1133111040).pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
04. KATA PENGANTAR LIA AMALIA HARAHAP (NIM. 1133111040).pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
05. DAFTAR ISI LIA AMALIA HARAHAP (NIM. 1133111040).pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
06. DAFTAR TABEL LIA AMALIA HARAHAP (NIM. 1133111040).pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
07. DAFTAR GAMBAR LIA AMALIA HARAHAP (NIM. 1133111040).pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
08. DAFTAR GRAFIK LIA AMALIA HARAHAP (NIM. 1133111040).pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
09. DAFTAR LAMPIRAN LIA AMALIA HARAHAP (NIM. 1133111040).pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
10. BAB I LIA AMALIA HARAHAP (NIM. 1133111040).pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
14. BAB V LIA AMALIA HARAHAP (NIM. 1133111040).pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
15. DAFTAR PUSTAKA LIA AMALIA HARAHAP (NIM. 1133111040).pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPS. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 Siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.
Subjek penelitian adalah siswa/i kelas VA SD Negeri 101774 Sampali sebanyak 36 orang siswa dengan jumlah laki-laki 23 orang dan perempuan 13 orang. Objek penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Word Square untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi untuk guru, lembar observasi untuk siswa dan angket.
Pada awal penelitian dilakukan penyebaran angket dengan rata-rata motivasi belajar siswa pada kondisi awal sebesar 46,19% dengan kriteria motivasi rendah. Pada siklus I persentase rata-rata angket motivasi belajar siswa sebesar 65,72% dengan kriteria motivasi sedang dan pada siklus II persentase rata-rata angket motivasi belajar siswa sebesar 81,33% dengan kriteria motivasi tinggi. Pada siklus I pertemuan I persentase rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 38,05% dengan kriteria motivasi rendah, pada siklus I pertemuan II persentase rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 55,33% dengan kriteria motivasi sedang, pada siklus II pertemuan I persentase rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 73,11% dengan kriteria motivasi tinggi, dan pada siklus II pertemuan II persentase rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 87,25% dengan kriteria motivasi sangat tinggi. Hasil observasi pelaksanaan Word Square oleh peneliti yang dilakukan oleh wali kelas VA pada siklus I pertemuan I menghasilkan rata-rata 60% dengan kriteria sedang, pada siklus I pertemuan II meningkat menjadi 80% dengan kriteria baik, pada siklus II pertemuan I 80% dengan kriteria baik, dan pada siklus II pertemuan II meningkat menjadi 100% dengan kriteria sangat baik.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Word Square dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPS materi Tokoh-Tokoh Penting Pergerakan Nasional di kelas VA SD Negeri 101774 Sampali T.A. 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 167 |
Keywords: | Motivasi, Model Pembelajaran, IPS |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 15 Jun 2017 03:30 |
Last Modified: | 15 Jun 2017 03:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24767 |