Sipayung, Ardes Nevan (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING SEPAKBOLA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA KELAS VIII-1 SMP NEGERI 1 AIR PUTIH KAB.BATUBARA TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.Ardes Nevan Sipayung NIM. 6103311029 Cover.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
2.Ardes Nevan Sipayung NIM. 6103311029 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
3.Ardes Nevan Sipayung NIM. 6103311029 Abstrak.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
4.Ardes Nevan Sipayung NIM. 6103311029 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
5.Ardes Nevan Sipayung NIM. 6103311029 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
6.Ardes Nevan Sipayung NIM. 6103311029 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7.Ardes Nevan Sipayung NIM. 6103311029 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8.Ardes Nevan Sipayung NIM. 6103311029 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
9.Ardes Nevan Sipayung NIM. 6103311029 BAB I.pdf - Published Version
Download (506kB) | Preview
13.Ardes Nevan Sipayung NIM. 6103311029 BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
14.Ardes Nevan Sipayung NIM. 6103311029 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Passing Sepakbola Melalui Penerapan Pembelajaran Pendekatan Saintifik Pada Siswa Kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Air Putih Kab.Batubara Tahun Ajaran 2014/2015. Subjek dalam penelitian ini adalah 32 orang siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan, yang diberi tindakan berupa pembelajaran terhadap hasil belajar passing sepakbola melalui penerapan pembelajaran pendekatan saintifik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Clasroom Action Research).
Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dilakukan tes hasil belajar passing sepakbola diakhir setiap siklus. Analisis data dimulai dengan paparan data dan analisis data secara deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan : (1) dari tes hasil belajar siklus I diperoleh sebanyak 17 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan (53,12%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 15 orang siswa (46,88%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata – rata hasil belajar adalah 69,53. (2) dari tes hasil belajar siklus II diperoleh data sebanyak 30 orang siswa dengan nilai rata-rata sebesar (93,75%) yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar dan 2 orang siswa (6,25%) masih belum tuntas. Dengan nilai rata – rata hasil belajar adalah 89,59. Sehingga kenaikan nilai rata-rata antara siklus I dan II adalah sebesar 20,06. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pembelajaran pendekatan saintifik dapat memberikan peningkatan terhadap hasil belajar passing sepakbola pada siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 PJKR 023 |
Keywords: | Pendidikan jasmani; Hasil belajar; Sepakbola; Permainan |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 07 Jun 2017 08:31 |
Last Modified: | 07 Jun 2017 08:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24675 |