Marbun, Baringin Parlaungan (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SHOOTING BOLA BASKET MELALUI PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS X IPA3 SMA NEGERI 1 PAHAE JAE TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
60103311040 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
60103311040 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
60103311040 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
60103311040 PREFACE.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
60103311040 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
60103311040 TABLES.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
60103311040 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
8. NIM. 60103311040 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
60103311040 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (407kB) | Preview
60103311040 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
60103311040 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui informasi seberapa besar peningkatan hasil belajar shooting bola basket siswa dengan menggunakan media audiovisual yang didapat siswa kelas X IPA3 SMA Negeri 1 Pahae Jae Tahun Ajaran 2014/2015. Lokasi Penelitian ini adalah SMA Negeri 1 pahae Jae. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA3 dengan jumlah 30 orang siswa dimana perempuan 22 orang dan laki-laki 8 orang. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I, peneliti memberikan pre-test untuk mengetahui letak kesulitan pada pelajaran Shooting bola basket. Dilanjutkan dengan pelaksanaan siklus I dan post-test siklus I, pada pelaksanaan siklus I nilai rata-rata siswa telah meningkat dari hasil pre-test. Namun pada pembelajaran siklus I belum mencapai ketuntasan secara klasikal. Maka kegiatan pembelajaran dilanjutkan pada siklus II dan diakhiri pemberian post-test siklus II dengan instrument penelitian lembar pengamatan test hasil belajar Shooting bola basket dengan menggunakan lembar portofolio. Kegiatan pada siklus II mengalami peningkatan yang lebih baik dari siklus I.
Berdasarkan hasil tes awal yang dilakukan dari 30 siswa terdapat 5 orang siswa ( 16,66%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata – rata hasil belajar siswa 50,39. Hasil dari siklus I Terdapat 16 siswa ( 53,33 %) dari 30 siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata – rata 68,88. Disiklus II terdapat 26 siswa ( 86,36% ) dari 30 siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata –rata 77,33. Jadi, kenaikan nilai rata-rata klasikal siklus I dan siklus II adalah 33,4%. Berdasarkan dari hasil tersebut bahwa dapat disimpulkan melalui pembelajaran menggunakan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar Shooting dalam permainan bola basket pada siswa SMA Negeri 1 Pahae Jae.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 PJKR 028 |
Keywords: | Hasil belajar; Permainan; Bola basket; Pembelajaran media audio visual; Profil sekolah |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 07 Jun 2017 08:28 |
Last Modified: | 07 Jun 2017 08:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24674 |