Aritonang, Ayu Sartika (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA MATERI PASSING BAWAH DALAM PERMAINAN BOLA VOLI DI KELAS XI SMA NEGERI 1 PAHAE JAE TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6101112015 COVER.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
2. NIM. 6101112015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
3. NIM. 6101112015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
4. NIM. 6101112015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
5. NIM. 6101112015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
6. NIM. 6101112015 TABLES.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
7. NIM. 6101112015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
8. NIM. 6101112015 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 6101112015 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (486kB) | Preview
13. NIM. 6101112015 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
14. NIM. 6101112015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui informasi seberapa besar peningkatan hasil belajar passing bawah bola voli siswa dengan menggunakan media audiovisual yang didapat siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pahae Jae Tahun Ajaran 2014/2015. Lokasi Penelitian ini adalah SMA Negeri 1 pahae Jae. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 dengan jumlah 24 orang dimana perempuan 14 orang dan laki-laki 10 orang. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I, peneliti memberikan pre-test untuk mengetahui letak kesulitan pada pelajaran passing bawah bola voli. Dilanjutkan dengan pelaksanaan siklus I dan post-test siklus I, pada pelaksanaan siklus I nilai rata-rata siswa telah meningkat dari hasil pre-test. Namun pada pembelajaran siklus I belum mencapai ketuntasan secara klasikal. Maka kegiatan pembelajaran dilanjutkan pada siklus II dan diakhiri pemberian post-test siklus II dengan instrument penelitian lembar pengamatan test hasil belajar passing bawah bola voli dengan menggunakan lembar portofolio. Kegiatan pada siklus II mengalami peningkatan yang lebih baik dari siklus I. Berdasarkan hasil tes awal yang dilakukan dari 24 siswa terdapat 3 orang siswa ( 12,5%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata – rata hasil belajar siswa 45,45. Hasil dari siklus I Terdapat 6 siswa ( 25 %) dari 24 siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata – rata 52,74. Disiklus II terdapat 22 siswa ( 91,67% ) dari 24 siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata –rata 82,25. Jadi, kenaikan nilai rata-rata klasikal siklus I dan siklus II adalah 29,51. Berdasarkan dari hasil tersebut bahwa dapat disimpulkan melalui pembelajaran menggunakan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah dalam permainan bola voli pada siswa SMA Negeri 1 Pahae Jae.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 PJKR 021 |
Keywords: | Pendidikan jasmani; Hasil belajar; Passing bawah; Permainan bola voli |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 07 Jun 2017 08:16 |
Last Modified: | 07 Jun 2017 08:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24671 |