Sitepu, Resmi Pranata (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLING MENGGUNAKAN PUNGGUNG KAKI MELALUI METODE COOPERATIVE LEARNINGTIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (T.A.I.)PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KUALA KABUPATEN LANGKAT TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. lembar persetujuan dan pengesahan.pdf - Published Version
Download (505kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dribbling sepak bola menggunakan punggung kaki melalui metode cooperative learning tipe team assisted individualization pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Kuala pada tahun 2014-2015. Dari hasil data awal (pre test) yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam melakukan dribbling menggunakan punggung kaki masih rendah yaitu ada 9 orang siswa yang tuntas dalam belajar nya (25%) dan 27 orang siswa yang tidak tuntas belajar nya (75%). Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dapat dianalisis.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X – 5 SMA Negeri 1Kuala Tahun Ajaran 2014-2015 yang berjumlah 36 orang, diantaranya terdiri dari16 orang siswa putra dan 20 orang siswa putri. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa ada 23 siswa yang tuntas melakukan dribbling dengan menggunakan punggung kaki (64%)dengan rata-rata 72.2 dan 13 siswa yang tidak tuntas melaksanakan dribbling dengan menggunakan punggung kaki (36%). Pada siklus II menunjukkan bahwa ada 32 siswa yang tuntas melakukan dribbling dengan menggunakan punggung kaki (89%) dengan jumlah rata-rata 78,47.Dari hasil observasi,kegiatan pembelajaran yang dilakukan pada siklus I dan siklus II termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 72.2 dan 78.47,terjadi peningkatan rata-rata 6,27 siklus per siklus. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan metode cooperative learning tipe team assisted individualization (T.A.I.)dapat memberikan konstribusi yang sangat besar dan signifikan terhadap hasil belajar dribbling menggunakan punggung kaki pada siswa kelasX – 5 SMA Negeri 1Kuala Tahun Ajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 PJS 019 |
Keywords: | Pendidikan jasmani; Hasil belajar; Permainan sepakbola; Model pembelajaran |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 07 Jun 2017 04:13 |
Last Modified: | 07 Jun 2017 04:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24643 |