Situngkir, Alvino (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 PANGURURAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 COVER.pdf - Published Version
Download (518kB) | Preview
2 LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (874kB) | Preview
4 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (957kB) | Preview
5 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (510kB) | Preview
6 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (770kB) | Preview
7 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (465kB) | Preview
8 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (467kB) | Preview
9 BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13 BAB V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan passing bawah bola voli menggunakan Model Pembelajaran Role Playing Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Pangururan Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dapat dianalisis. Dalam hal ini peneliti menganalisis data dengan mereduksi data dan memaparkan data dalam bentuk tabel, sehingga dapat dicari nilai rata-rata dan persentase ketuntasan belajar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI-IPA II SMA Negeri 2 Pangururan Tahun Ajaran 2014/2015. Dari hasil tes awal dari 30 orang siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini, ternyata hanya 9 orang siswa (30%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, sedangkan selebihnya yaitu 21 orang siswa (70%) belum memiliki ketuntasan belajar (Tidak Tuntas). Nilai rata-rata kelas yang diperoleh hanya mencapai 61,36%. Sedangkan hasil pada Siklus I menunjukkan bahwa hasil belajar passing bawah bola voli yaitu 15 orang siswa (50%) siswa yang tuntas dalam belajarnya, dan 15 orang siswa (50%) siswa yang tidak tuntas belajarnya. Hasil belajar siswa dalam melakukan teknik dasar passing bawah bola voli pada siklus I secara keseluruhan mencapai (67,5%). Pada siklus II yaitu 26 orang siswa (86,66%) siswa yang tuntas belajarnya, dan 4 orang siswa (13,33%) siswa yang tidak tuntas belajarnya dan hasil belajar siswa secara keseluruhan dalam melakukan teknik dasar passing bawah bola voli pada siklus II mencapai (78,06%). Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siklus I ke siklus II yaitu sebesar 1,74 dan peningkatan ketuntasan klasikalnya sebesar 10,56%. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Role Playing Pada Siswa Kelas XI-IPA II SMA Negeri 2 Pangururan Tahun Ajaran 2014/2015 dapat memberikan konstribusi yang sangat besar dan signifikan terhadap hasil belajar Passing Bawah Bola Voli
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 PJS 012 |
Keywords: | Passing bawah; Bola voli; Model pembelajaran; Role playing |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 07 Jun 2017 04:02 |
Last Modified: | 07 Jun 2017 04:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24640 |