astuti, Sri Puji (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS DI KELAS V-C SDN 101772 TANJUNG SELAMAT T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1112111008 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
1112111008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (400kB) | Preview
1112111008 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
1112111008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
1112111008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
1112111008 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
1112111008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
1112111008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
1112111008 BAB I.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
1112111008 BAB V.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
1112111008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
pelajaran IPS. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk meningkatkan
hasil belajar siswa pada pelajaran IPS materi pokok Tokoh-Tokoh Persiapan
Kemerdekaan di kelas V-C SDN 101772 Tanjung Selamat T.A 2014/2015.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri
dari dua siklus dimana tiap siklus ada empat tahapan yaitu perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah Siswa
V-C SD Negeri 101772 Tanjung Selamat tahun ajaran 2014/2015 berjumlah 28
siswa yang terdiri dari 12 siswa Laki-laki dan 16 siswa Perempuan. Teknik
pengumpulan data menggunakan tes dan lembar observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pre tes dari 28 jumlah siswa
terdapat 5 orang (17,90%) siswa yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan
nilai rata-rata kelas sebesar 40 dan sebanyak 23 orang (82,10%) siswa yang tidak
tuntas dalam belajar, selanjutnya pada siklus I, 16 orang (57,14%) siswa yang
mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 71,9 sedangkan siswa
yang tidak tuntas sebanyak 12 orang (42,86%). Pada siklus II sebanyak 25 orang
(89,3%) siswa yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata
87,4 dan 3 orang (10,7%) siswa yang tidak tuntas.
Dengan demikian berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa
penerapan model pembelajaran Word Square dapat meningkatkan hasil belajar
siswa pada mata pelajaran IPS materi pokok usaha tokoh-tokoh persiapan
kemerdekaan di kelas V-C SD Negeri 101772 Tanjung Selamat T.A. 2014/2015.
Sebagai tindak lanjut disarankan kepada guru untuk dapat merancang dan
menggunakan model pembelajaran Word Square dalam meningkatkan hasil
belajar IPS siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 PGSD 022 |
Keywords: | Hasil Belajar, IPS, Model Pembelajaran |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 07 Jun 2017 03:45 |
Last Modified: | 07 Jun 2017 03:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24634 |