Ambarita, Josuanju (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN ARENDS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 091438 GUNUNG BOSAR T. A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. JOSUANJU AMBARITA,1113111032, COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2.JOSUANJU AMBARITA,1113111032,LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (828kB) | Preview
3.JOSUANJU AMBARITA,1113111032,ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
4.JOSUANJU AMBARITA,1113111032,KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
5.JOSUANJU AMBARITA,1113111032,DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
6.JOSUANJU AMBARITA,113111032,DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7.JOSUANJU AMBARITA,113111032 -DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
8.JOSUANJU AMBARITA,113111032 -DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
9.JOSUANJU AMBARITA,1113111032, BAB-I.pdf - Published Version
Download (402kB) | Preview
13.JOSUANJU AMBARITA,1113111032,BAB-V.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
14.JOSUANJU AMBARITA,1113111032,DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) materi peristiwa alam. Beberapa masalah yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa yaitu model yang digunakan guru dalam mengajar masih monoton dan tidak bervariasi, siswa lebih banyak mendengarkan dan pasif dalam proses pembelajaran, siswa cenderung mengantuk dan tidak tertarik dengan pelajaran IPA, siswa kurang memahami konsep dasar IPA.
Dengan demikian rumusan masalah pada penelitian ini adalah “apakah penerapana model pembelajaran Time Token Arends pada siswa kelas V SD Negeri 091438 Gunung Bosar dapat meningkatkan hasil belajar siswa”. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran time token arends dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 091438 Gunung Bosar TA 2014/2015. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 091438 Gunung Bosar yang berjumlah 34 siswa.
Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, siklus I dansiklus II. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I, peneliti melakukan pretest untuk mengetahui kemampuan awal siswa.
Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa pada saat pretest dari 34 siswa diperoleh tingkat ketuntasan sebanyak 6 siswa (17,64%) dengan rata – rata nilai 49,41dansebanyak 28 siswa (82,36%)belum tuntas. Pada siklus I sebanyak 19 siswa (55,98%) mendapat nilai tuntas dengan rata – rata nilai 64, 26, dan sebanyak 15 siswa (44,11) belum mendapat nilai tuntas. Pada siklus II diperoleh tingkat ketuntasan klasikal sebanyak 31 siswa (91,17%) dengan rata – rata nilai 81,17 dan sebanyak 3 siswa (8,83%) belum tuntas. Hasil observasi guru mengajar juga mengalami peningkatan, saat siklus I hanya 63,33% (cukup) dan mengalami peningkatan sebesar 31,67% pada saat siklus II menjadi 95%. Demikian juga hasil observasi siswa dari aspek kognitif dan afektif pada saat siklus I hanya memperoleh rata – rata nilai sebesar 51,27. Dan meningkat setelah diadakan siklus II menjadi 73,57.
Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Time Token Arends dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 091438 Gunung Bosar T.A 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 PGSD 021 |
Keywords: | Hasil belajar, Model Pembelajaeran, Time Token |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 07 Jun 2017 03:33 |
Last Modified: | 07 Jun 2017 03:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24632 |