Munthe, Sarina (2017) KEMAMPUAN MEMBANDINGKAN ISI, STRUKTUR DAN CIRI KEBAHASAAN TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS DENGAN TEKS EKSPOSISI OLEH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2133311072 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM 2133311072 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (931kB) | Preview
3. NIM 2133311072 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
4. NIM 2133311072 PREFACE.pdf - Published Version
Download (461kB) | Preview
5. NIM 2133311072 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
6. NIM 2123111072 TABLES.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
7. NIM 2133311072 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
8. NIM 2133311072 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (666kB) | Preview
12. NIM 2133311072 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
13. NIM 213331702 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan
membandingkan teks eksplanasi kompleks dengan teks eksposisi oleh siswa kelas
XI SMA Negeri 5 Medan berdasarkan isi, struktur, dan ciri kebahasaannya.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 5 Medan yang
terdiri dari 9 kelas dengan jumlah siswa 398 orang. Sampel penelitian ini diambil
dengan cara random sampling yaitu kelas XI MIPA 8 yang berjumlah 40 orang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Instrumen
yang digunakan untuk memperolah data adalah tes essay. Data penelitian
menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam membandingkan teks ekplanasi
dengan teks eksposisi memiliki nilai rata-rata (mean) 66 dan berada pada kategori
cukup. Hal ini dapat dilihat dari rentang nilai 86-100 dengan kategori sangat baik
diperoleh sebanyak 3 (7.5%) siswa. Kemudian sebanyak 7 (17.5%) siswa berada
pada rentang 76-85 termasuk dalam kategori baik. Berikutnya, sebanyak 18 (45
%) berada pada rentang skor 56-75 termasuk dalam kategori cukup. Selanjutnya
sebanyak 12 (30%) berada pada rentang skor 10-55 termasuk dalam kategori
kurang. Dari data juga diperoleh nilai rata-rata setiap aspek penilaian, yaitu: (1)
nilai membandingkan teks eksplanasi kompleks dengan teks eksposisi
berdasarkan isi adalah 25,31 termasuk dalam kategori cukup, (2) nilai
membandingkan teks eksplanasi kompleks dengan teks eksposisi berdasarkan
struktur adalah 83,12 termasuk dalam kategori sangat baik, (3) nilai
membandingkan teks eksplanasi kompleks dengan teks eksposisi bherdasarkan
ciri kebahasaannya adalah 55,93 termasuk dalam kategori cukup
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 IND 043 |
Keywords: | Membandingkan, Teks Eksplanasi Kompleks, Teks Eksposisi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P121 Science of language (Linguistics) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 May 2017 08:22 |
Last Modified: | 17 May 2017 08:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24572 |