Lidwia, Nova (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KANCING GEMERINCING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 104208 CINTA RAKYAT TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
4. NIM. 1133311053_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
5. NIM. 1133311053_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
6. NIM. 1133311053_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
7. NIM. 1133311053_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
8. NIM. 1133311053_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
9. NIM. 1133311053_BAB I.pdf - Published Version
Download (546kB) | Preview
1. NIM. 1133311053_COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM. 1133311053_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
3. NIM. 1133311053_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
13. NIM. 1133311053_BAB V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
14. NIM. 1133311053_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk meningkatkan motivasi belajar
IPA materi cahaya dan sifat-sifatnya pada siswa kelas V dengan menggunakan
model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing di SD N 104208 Cinta
Rakyat.
Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. subjek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas V SD 104208 Cinta Rakyat yang berjumlah 31
orang siswa, yang terdiri dari 17 orang siswa perempuan dan 14 orang laki-laki.
Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah lember observasi.
Penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I pertemuan I dan II dan II
pertemuan I dan II. Berdasarkan analisis data diketahui pada siklus I pertemuan I
tidak ada siswa yang memiliki kriteria sangat tinggi, 6 orang siswa memiliki
kriteria tinggi, 12 orang siswa memiliki kriteria sedang dan 11 orang siswa yang
memiliki kriteria rendah. Pada siklus I pertemuan II terdapat 4 orang siswa
memeiliki kriteria sangat tinggi, 18 orang siswa memiliki kriteria tinggi, 3 orang
siswa memiliki kriteria sedang dan 4 orang siswa memiliki kriteria rendah. Pada
siklus II pertemuan I terdapat 9 orang siswa memiliki kriteria sangat tinggi, 119
orang memiliki kriteria tingi, 3 orang memiliki kriteria sedang dan tidak ada siswa
yang memiliki kriteria rendah. Pada siklus II pertemuan II terdapat 10 orang siswa
memiliki kriteria sangat tinggi, 19 orang memiliki kriteria tingi, 2 orang memiliki
kriteria sedang dan tidak ada siswa memiliki kriteria rendah.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan
model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing dapat meningkatkan
motivasi belajar IPA pada siswa kelas V di SD Negeri 104208 Cinta Rakyat T.A
2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 155 |
Keywords: | Model pembelajaran, Gemerincing, Motivasi |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 May 2017 07:43 |
Last Modified: | 17 May 2017 07:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24567 |