Mazaly, Muhammad Rizky (2017) PERBEDAAN KEMAMPUAN SPASIAL DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA ANTARA PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN PEMBELAJARAN BIASA DI SMP SWASTA BUDI AGUNG MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8146172047 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
2. 8146172047 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (363kB) | Preview
3. 8146172047 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4. 8146172047 PREFACE.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
5. 8146172047 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
6. 8146172047 TABLE.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
7. 8146172047 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. 8146172047 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (649kB) | Preview
12. 8146172047 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
13. 8146172047 BILIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui perbedaan signifikan antara kemampuan spasial siswa yang diajar dengan pembelajaran kontekstual dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran biasa, (2) Mengetahui perbedaan signifikan antara disposisi matematis siswa yang diajar dengan model kontekstual dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran biasa, (3) Mengetahui apakah terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan spasial siswa, (4) Mengetahui apakah terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap disposisi matematis siswa, (5) Proses jawaban siswa pada masing-masing pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Budi Agung Medan yang berjumlah 345 siswa, dengan mengambil sampel dua kelas berjumlah 60 siswa. Analisis data dilakukan dengan Anava dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kemampuan spasial siswa yang diajar dengan pembelajaran kontekstual lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan pembelajaran biasa, (2) Disposisi matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran kontekstual lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan pembelajaran biasa, (3) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan spasial siswa, (4) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap disposisi matematis siswa, dan (5) Proses jawaban siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran kontekstual lebih lengkap dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran biasa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Maz p |
Keywords: | Pembelajaran kontekstual; Spasial; Disposisi matematis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 04 May 2017 04:01 |
Last Modified: | 04 May 2017 04:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24493 |