Hombing, Masita Syaputri (2017) PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER MANDIRI DAN HAMBATAN GURU DI KELOMPOK B TK ANGKASA LANUD SOEWONDO MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 1131113015 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
2. 1131113015 SURAT PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (465kB) | Preview
3. 1131113015 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4. 1131113015 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
5. 1131113015 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (902kB) | Preview
6. 1131113015 BAB I.pdf - Published Version
Download (443kB) | Preview
10. 1131113015 BAB V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
11. 1131113015 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
Abstract
Anak usia 5-6 tahun seharusnya sudah mampu mandiri seperti mampu
makan sendiri, memakai baju sendiri, memakai sepatu sendiri, berani ke kamar
mandi sendiri dan sebagainya. Namun, pada kenyataannya masih banyak anak
yang kurang mandiri seperti makan harus disuapin oleh orangtua atau pengasuh
dan bahkan ada yang harus ditunggui di sekolah dari pagi sampai pulang di
kelompok B TK Angkasa Lanud Soewondo Medan.
Dari permasalahan tersebut peneliti melakukan penelitian tentang
penerapan pendidikan karakter mandiri dan hambatan yang dialami oleh
guru.guru di kelompok B TK Angkasa Lanud Soewondo berjumlah dua yaitu guru
kelompok B1 dan guru kelompok B2 yang memiliki latar pendidikan yang sama
yaitu sarjana pendidikan guru pendidikan anak usia dini.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendidikan
karakter mandiri oleh guru di TK Angkasa Lanud Soewondo Medan serta
hambatan yang dialami guru dalam penerapan pendidikan karakter mandiri di TK
Angkasa Lanud Soewondo Medan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif.Subjek dalam
penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru di TK Angkasa Lanud Soewondo
Medan.Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara dan
dokumentasi.Data yang terkumpul dianalisis menggunakan model analisis
interaktif. Data-data hasil penelitian diuji kembali keabsahannya dengan
menggunakan triangulasi data sebagai keabsahan data .
Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Penerapan pendidikan karakter
mandiri di TK Angkasa Lanud Soewondo dilakukan dengan antara lain : a) guru
memberikan keterampilan dalam mengurus diri sendiri, b) guru membentuk
kegiatan yang merangsang sikap mandiri anak, c) guru membuat pembiasaan
positif, d) guru memberanikan anak bertanggung jawab atas pilihannya, e) guru
memberikan kebebasan kepada anak untuk menentukan tujuannya sendiri, f) guru
menyadarkan anak pendamping tidak selalu disisi anak, g) guru menerapkan
aturan kelas. Adapun hambatan yang dialami guru dalam penerapan pendidikan
karakter mandiri adalah perbedaan aturan yang guru terapkan di sekolah untuk
menanamkan karakter mandiri anak dengan aturan dan pola asuh yang dibuat
orangtua di rumah.Perbedaan aturan dan pola asuh di rumah yang selalu
membantu anak dalam mengerjakan tugas anak ini sangat berlawanan dengan
penerapan pendidikan karakter mandiri yang diterapkan guru di sekolah yang
selalu membiasakan anak untuk mandiri dalam segala kegiatan di sekolah.Hal ini
membuat penerapan pendidikan karakter mandiri oleh guru menjadi terhambat
dan kurangnya kemandirian pada anak TK Angkasa Lanud Soewondo Kota
Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PAUD 021 |
Keywords: | Pendidikan Karakter, PAUD, Kemadirian Anak |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 May 2017 02:39 |
Last Modified: | 03 May 2017 02:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24447 |