Wahyuni, Sri (2017) ANALISIS KESULITAN DAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR POLA CELANA PANJANG SISWA KELAS XI TATA BUSANA SMK NEGERI 3 TEBING TINGGI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5121141007 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. NIM. 5121141007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (460kB) | Preview
3. NIM. 5121141007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
4. NIM. 5121141007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
5. NIM. 5121141007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
6. NIM. 5121141007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
7. NIM. 5121141007 TABLES.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
8. NIM. 5121141007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 5121141007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
13. NIM. 5121141007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
14. NIM. 5121141007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan dan hasil belajar menggambar pola celana panjang pada siswa SMK Negeri 3 Tebing Tinggi. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 3 Tebing Tinggi. Sampel penelitian sebanyak 53 orang siswa yang diambil dari 2 kelas. Sampel penelitian diambil dengan teknik total sampling maka sampel diambil keseluruhan karena kurang dari 100 siswa. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar pengamatan kesulitan dan hasil menggambar pola celana panjang yang diamati 5 orang pengamat yaitu 3 orang pengamat berprofesi sebagai Dosen Tata Busana sesuai dengan jurusan busana dan 2 orang pengamat berprofesi sebagai Guru bidang studi Tata Busana. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan pengamatan kesulitan dan hasil belajar yang dihadapi siswa pada mata pelajaran menggambar pola celana panjang siswa kelas XI Tata Busana SMK Negeri 3 Tebing Tinggi. Hasil perhitungan penilaian pengamatan dari kelima observer (pengamat), dimana Fo < Ft atau (1,56 < 5,19) dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang berarti antara hasil pengamatan dari kelima observer (pengamat) bahwa butir - butir komponen tentang kesulitan dan hasil menggambar pola celana panjang dapat digunakan untuk mengumpulkan data penelitian. Siswa tidak mengalami kesulitan menggambar pola celana panjang sebanyak 32 siswa (60,38 %) dan siswa masih ada yang mengalami kesulitan menggambar pola celana panjang sebanyak 21 siswa (39,62%), Hasil menggambar pola celana panjang wanita siswa kelas XI Tata Busana SMK Negeri 3 Tebing Tinggi, diperoleh rata – rata Mean 96,2 Standart Deviasi 10,10. Dengan skor tertinggi 106,2 dan skor terendah 57,8 dengan kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BUS 020 |
Keywords: | Kesulitan; Hasil belajar; Menggambar pola celana panjang |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT490 Clothing manufacture. Dressmaking. Tailoring |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 03 May 2017 01:58 |
Last Modified: | 03 May 2017 01:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24443 |