Muhammad, Andi (2017) MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 134634 TANJUNGBALAI T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. COVER ANDI MUHAMMAD ARIF (1133311110).pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
02. LEMBAR PERSETUJUAN ANDI MUHAMMAD ARIF ( 1133311110).pdf - Published Version
Download (637kB) | Preview
03. ABSTRAK ANDI MUHAMMAD ARIF (1133311110).pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
04. KATA PENGANTAR ANDI MUHAMMAD ARIF (1133311110).pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
05. DAFTAR ISI ANDI MUHAMMAD ARIF (1133311110).pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
06. DAFTAR TABEL ANDI MUHAMMAD ARIF (1133311110).pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
07.DAFTAR GAMBAR ANDI MUHAMMAD ARIF ( 1133311110).pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
08. DAFTAR DIAGRAM ANDI MUHAMMAD ARIF (1133311110).pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
09. DAFTAR LAMPIRAN ANDI MUHAMMAD ARIF (1133311110).pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
10. BAB I ANDI MUHAMMAD ARIF (1133311110).pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
14. BAB V ANDI MUHAMMAD ARIF (1133311110).pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
15. DAFTAR PUSTAKA ANDI MUHAMMAD ARIF (1133311110).pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya penguasaan kosakata Bahasa Indonesia siswa kelas III SD Negeri 134634 Tanjungbalai. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Indonesia dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas III SD Negeri 134634 Tanjungbalai T.A 2016/2017.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 32 orang siswa kelas III SD Negeri 134634 Tanjungbalai dengan jumlah siswa laki-laki sebanyak 15 orang dan siswa perempuan sebanyak 17 orang. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dan 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi.
Dari hasil observasi awal yang dilakukan peneliti di kelas III SD Negeri 134634 Tanjungbalai yang dilakukan terhadap 32 orang siswa terdapat 30 orang siswa kurang terampil dalam penguasaan kosakata dengan persentase 93,25% dan 2 orang siswa yang terampil dalam penguasaan kosakata dengan persentase 6,75% dengan nilai rata-rata 39. Pada siklus I pertemuan I dengan menggunakan media gambar terdapat 4 orang siswa terampil dalam penguasaan kosakata dengan persentase 12,50%, dan 28 orang siswa belum terampil dalam penguasaan kosakata dengan persentase 87,50% dengan nilai rata-rata 46. Selanjutnya pada siklus I pertemuan II, terdapat 8 orang siswa yang terampil dengan persentase 25,00%, dan 24 orang siswa yang belum terampil dengan persentase 75,00% dengan nilai rata-rata 54. Kemudian pada siklus II pertemuan I dengan menggunakan media gambar terdapat 14 orang siswa terampil dengan persentase 43,75%, dan 18 orang siswa belum terampil dengan persentase 56,25% dengan nilai rata-rata 65. Selanjutnya pada siklus II pertemuan II terdapat 28 orang siswa terampil dengan persentase 87,50%, dan 4 orang siswa yang belum terampil dengan persentase 12,50% dengan nilai rata-rata 82.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Indonesia siswa pada kelas III SD Negeri 134634 Tanjungbalai T.A 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 132 |
Keywords: | kosakata, keterampilan Menulis, Media Gambar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 May 2017 08:46 |
Last Modified: | 02 May 2017 08:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24439 |