Utari, Safari (2017) PENGGUNAAN MODEL TEBAK KATA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI 104208 CINTA RAKYAT. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133111066 COVER .pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
2. NIM. 1133111066 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
3. NIM. 1133111066 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
4. NIM. 1133111066 PREFACE.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
5. NIM. 1133111066 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
7. NIM. 1133111066 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 1133111066 LIST OF DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 1133111066 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
10. NIM. 1133111066 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (417kB) | Preview
14. NIM. 1133111066 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
15. NIM. 1133111066 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Tebak Kata.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik analisis datanya adalah terdiri dari 2 siklus dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 104208 Cinta Rakyat, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang yang terdiri dari satu kelas sebanyak 31 orang siswa, dimana 14 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan model Tebak kata meningkatkan motivsi belajar siswa pada pelajaran IPS Penelitian ini menggunakan alat pengumpulan data berupa lembar observasi motivasi belajar siswa.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari 31 siswa setelah melakukan siklus I pada mata pelajaran IPS hanya ada 7 siswa yang memiliki motivasi belajar dengan nilai rata-rata pada siklus I pertemuan I 59,12, dan siswa yang belum termotivasi belajar sebanyak 24 siswa dengan presentase 77,42% dengan nilai rata-rata klasikal 22,58%. Pada siklus I pertemuan II ada 22 siswa yang memiliki motivasi belajar nilai rata-rata pada siklus I pertemuan II 67,09. Dan siswa yang belum termotivasi belajar sebanyak 9 dengan presentase 29,03% dengan nilai rata-rata klasikal 70,96%. Pada siklus II pertemuan I ada 26 siswa yang memiliki motivasi belajar dengan nilai rata-rata pada siklus II pertemuan I 79,13. Dan siswa yang belum termotivasi belajar sebanyak 5 siswa dengan presentase 16,13% dengan nilai rata-rata klasikal 83,88%. Dan pada siklus II pertemuan II motivasi belajar siswa semakin meningkat lagi sesuai dengan presentase yang ingin dicapai pada tingkat motivasi belajar siswa yaitu ada 29 siswa yang memiliki motivasi belajar dengan nilai rata-rata pada siklus II pertemuan II 92,19. Dan siswa yang belum termotivasi sebanyak 2 siswa dengan prsentase 6,46% dengan nilai rata-rata klasikal 93,54%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penggunaan model tebak kata dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPS, materi pokok penjajahan Belanda di Indonesia di kelas V SD Negeri 104208 Cinta Rakyat
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 129 |
Keywords: | Motivasi Belajar IPS, Model Pembelajaran Tebak Kata |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 May 2017 08:35 |
Last Modified: | 02 May 2017 08:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24437 |