Juwita, Khavita (2017) PENERAPAN SIMULASI AUTOCAD DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GAMBAR KONSTRUKSI BANGUNAN SISWA KELAS XI TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5122111010 COVER.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
2. NIM 5122111010 APRROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (789kB) | Preview
3. NIM. 5122111010 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
4. NIM 5122111010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
5. NIM. 5122111010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
6. NIM. 5122111010 TABLES.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
7. NIM. 512211010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM . 5122111010 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
9. NIM 5122111010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (418kB) | Preview
13. NIM. 5122111010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
14. NIM 5122111010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk menerapkan metode pembelajaran Simulasi AutoCAD untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran Gambar Konstruksi Bangunan pada kompetensi Dasar Menerapkan Spesifikasi dan Ketentuan Teknis Pada Gambar Tangga di Kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P. 2016/2017 yang berjumlah 25 siswa. Prosedur tindakan dilaksanakan pada dua siklus dan setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Pada siklus I mempelajari tentang macam-macam tangga dan pada siklus II mempelajari mendesain perhitungan tangga. Hasil penelitian diambil dari tes hasil belajar siswa dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukan aktivitas belajar siswa meningkat, pada siklus I pertemuan pertama nilai rata-rata komulatif aktivitas siswa siklus I yaitu 74 dengan kriteria ketuntasan minimum (KKM) yaitu 75 dan pada hasil nilai rata-rata aktivitas siswa siklus II yaitu mencapai 84. Pada nilai hasil belajar siswa mengalami peningkatan, yaitu pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa 74 dengan KKM 75 dan pada siklus II mengalami peningkatan nilai rata-rata hasil belajar kompetensi siswa mencapai 86. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan Penerapan Simulasi AutoCAD dapat Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Gambar Konstruksi Bangunan Siswa Kelas XI Teknik Bangunan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan T.A. 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BAN 032 |
Keywords: | Simulasi autoCAD; Aktivitas siswa; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 02 May 2017 08:19 |
Last Modified: | 02 May 2017 08:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24434 |