Harahap, Winda Putri Ramadhani (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III-C SDN 101765 BANDAR SETIA T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 131111049_COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM. 131111049_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
3. NIM. 131111049_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4. NIM. 131111049_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
5. NIM. 131111049_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
6. NIM. 131111049_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 131111049_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 131111049_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. NIM. 131111049_BAB I.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
13. NIM. 131111049_BAB V.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
14. NIM. 131111049_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada
mata pelajaran Matematika dikarenakan siswa cenderung pasif karena kurang
dilibatkan dalam mencari penyelesaian masalah matematika. Dari sinilah penulis
merasa tertarik untuk melakukan penelitian mengenai pembelajaran Matematika
dengan menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematics Education
(RME) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa
pada pelajaran Matematika di kelas III-C SDN 101765 Bandar Setia.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan jumlah subjek
penelitian sebanyak 28 orang siswa yang berasal dari siswa kelas III-C pada
tahun ajaran 2016/2017, dimana kegiatan dilakukan saat pembelajaran
Matematika berlangsung. Untuk memperoleh data yang digunakan dalam
penelitian ini penulis melakukan tes dan observasi. Adapun teknik analisa data
dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif dengan menguraikan persentase
yang digunakan.
Hasil nilai belajar siswa pada pre test sebelum dilakukannya tindakan
kelas adalah 18% (5 orang) yang mengalami ketuntasan dan 82% (23 orang) yang
tidak mengalami ketuntasan dengan nilai rata-rata kelas 47,1. Setelah
dilakukannya tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran Realistic
Mathematics Education (RME) pada siklus I naik menjadi 61% (17 orang) yang
mengalami ketuntasan dan 39% (11 orang) yang tidak mengalami ketuntasan
dengan nilai rata-rata kelas 64,1. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan
yang sangat tinggi yaitu 93% (26 orang) yang mengalami ketuntasan dan 7% (2
orang) yang tidak mengalami ketuntasan dengan nilai rata-rata kelas 87 .
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model
pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dapat meningkatkan hasil
belajar siswa dalam mata pelajaran Matematika dengan materi pecahan sederhana
kelas III SDN 101765 Bandar Setia T.A 2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 124 |
Keywords: | Hasil Belajar, Matematika, Model Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 May 2017 08:21 |
Last Modified: | 02 May 2017 08:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24433 |