Flora, Jenny (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MENERAPKAN DASAR–DASAR ELEKTRONIKA KELAS X (TITL) SMK N 1 MERDEKA BERASTAGI T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 512113005 COVER.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
2. NIM. 512113005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (376kB) | Preview
3. NIM. 512113005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
4. NIM. 512113005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
5. NIM. 512113005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM. 512113005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 512113005 TABLES.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
8. NIM. 512113005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
9. NIM. 512113005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (464kB) | Preview
13. NIM. 512113005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
14. NIM. 512113005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Advance Organizer terhadap hasil belajar menerapkan dasar – dasar elektronika pada siswa kelas X TITL SMK Negeri 1 Berastagi T.A 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah eksperimen.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X TITL semester genap SMK Negeri Negeri 1 Berastagi yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel penelitian dilakukan secara acak dengan mengambil 2 kelas yaitu X-1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang dan kelas X-2 sebagai kelas control dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang. Instrument yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal sebanyak 25 soal. Kedua kelas diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Advance Organizer dan kelas control menggunakan pembelajaran konvensional.Setelah pembelajaran selesai diberikan kepada siswa, dilakuan ujian untuk mengukur hasil belajar siswa. Dari hasil ujian diperoleh rata – rata skor hasil ujian siswa kelas eksperimen 78 dengan standar defiasi 14,82 dan skor rata – rata kelas control 66 dengan standar deviasi 16,79. Pada pengujian normalitas untuk hasil tes yang dilakukan pada kelas eksperimen diperoleh L_hitung = 0,1015 dan L_tabel=0,147 sehingga diperoleh L_hitung<L_tabeldan untuk kelas control didapat L_hitung=0,075 dan L_tabel= 0,147 sehingga diperoleh L_hitung<L_tabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh F_hitung =0,78 dan F_tabel= 1,77 sehingga diperoleh F_hitung<F_tabel, maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Kemudian dilakukan pengujian hipotesis yaitu uji-t. hasil dari uji-t diperoleh t_hitung = 3,29 dan t_tabel= 1,66 sehingga t_hitung>t_tabel maka Ha diterima , dengan demikian ada perbedaan akibat pengaruh model pembelajaran advance organizer terhadap hasil belajar pada mata pelajaran menerapkan dasar – dasar elektronika kelas x (titl) smk n 1 merdeka berastagi t.a 2016/2017.