Sachmud, Asfar Akmaly (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU STATIKA DAN TEGANGAN PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 2 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5103311002 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. NIM 5103311002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (604kB) | Preview
3. NIM 5103311002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
4. NIM 5103311002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
5. NIM 5103311002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (370kB) | Preview
6. NIM 5103311002 TABLES.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
7. NIM 5103311002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
8. NIM 5103311002 APPENDIECES.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
9. NIM 5103311002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (543kB) | Preview
13. NIM 5103311002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
14. NIM 5103311002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan masalah hasil belajar Ilmu Statika dan Tegangan pada siswa kelas XI di SMK Negeri 2 Medan yang belum optimal. Penelitian ini menerapkan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW). Metode penelitian ini bersifat deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui rata-rata hasil belajar siswa pada saat penelitian dilaksanakan. Untuk perhitungan uji validitas butir digunakan rumus Koefisien Korelasi dengan subjek penelitian sebanyak 24 orang. Butir tes dikatakan valid apabila rpbis > rtabel pada taraf signifikan 5% atau sama dengan (0,404), sedangkan uji reliabilitas digunakan rumus K-R20. Dengan menerapkan Model Pembelajaran TTW pada siklus I aktivitas belajar siswa belum mengalami peningkatan, tetapi setelah dilakukan siklus II aktivitas siswa meningkat dimana rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I diperoleh 55% dan pada siklus II meningkat menjadi 71% dengan persentase peningkatan sebesar 16%.
Dari hasil tindakan yang dilakukan didapat rata-rata hasil belajar siswa setelah dilakukan penerapan Model Pembelajaran TTW mengalami peningkatan, dimana dari siklus I rata-rata hasil belajar siswa 69% dan pada siklus II menjadi 84,7% dengan peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 15,7 %. Dari uraian tersebut berarti bahwa Penerapan Model Pembelajaran TTW meningkatkan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BAN 034 |
Keywords: | Model pembelajaran think talk write; Penelitian tindakan kelas; Ilmu statika dan tegangan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 02 May 2017 07:52 |
Last Modified: | 02 May 2017 07:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24423 |