Agustina, Nurhayati (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 104208 CINTA RAKYAT T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133311122 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM. 1133311122 PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (688kB) | Preview
3. NIM. 1133311122 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4. NIM. 1133311122 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
5. NIM. 1133311122 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
6. NIM. 1133311122 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM. 1133311122 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM. 1133311122 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
10. NIM. 1133311122 BAB I SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (464kB) | Preview
14. NIM. 1133311122 BAB V SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
15. NIM. 1133311122 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 104208 Cinta Rakyat T.A 2016/2017. Lokasi penelitian ini adalah SD Negeri 104208 Cinta Rakyat T.A 2016/2017.
Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II yang mencakup perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I peneliti memberi pretes untuk mengetahui letak kesulitan pada mata pelajaran IPA dalam materi sifat-sifat cahaya dilanjutkan dengan siklus I dan postes siklus I, siklus II dan diakhiri dengan pemberian postes siklus II dengan tes hasil belajar IPA dengan menggunakan bentuk tes pilihan berganda dengan jumlah sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 104208 Cinta Rakyat sebanyak 31 orang siswa.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada siklus I menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction maka diperoleh nilai rata-rata mengalami kenaikan menjadi 63,87, siswa yang tuntas belajar terdapat 17 orang siswa dan persentase hasil belajar siswa secara klasikal 54,84% < 80% dan ini juga tergolong cukup tetapi belum berhasil dalam tindakan kelas yang dilakukan. Kemudian peneliti melanjutkan dan melakukan perbaikan dan penerapan model pembelajaran Explicit Instruction pda siklus II maka diperoleh nilai rata-rata menjadi 82,58, siswa yang sudah tuntas sebanyak 27 orang siswa dengan presentase ketuntasan belajar siswa 87,09% < 80%, jadi dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dalam materi sifat-sifat cahaya di kelas V SD Negeri 104208 Cinta Rakyat T.A 2016/2017.
Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dalam materi sifat-sifat cahaya di kelas V SD Negeri 104208 Cinta Rakyat T.A 2016/2017. Disarankan agar guru dan peneliti lainnya untuk menggunakan model pembelajaran Explicit Instrution pada mata pelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 130 |
Keywords: | Hasil Belajar, Model Explicit Instruction, PTK |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 May 2017 07:49 |
Last Modified: | 02 May 2017 07:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24422 |