Ridwan, Muhammad (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATA DIKLAT GAMBAR TEKNIK KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PERMESINAN (TP) SMK BAYU PERTIWI SUNGGAL TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM 5113121033 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
NIM 5113121033 APPROVAL SHEET .pdf - Published Version
Download (703kB) | Preview
NIM 5113121033 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
NIM 51131221033 PREFACE.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
NIM 5113121033 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
NIM 5113121033 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
NIM 5113121033 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
NIM 511312103 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (398kB) | Preview
NIM 5113121033 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
NIM 5113121033 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar mata diklat Menggambar Teknik pada siswa kelas X Program Keahlian Teknik Permesinan SMK Bayu Pertiwi Sunggal melalui model Pembelajaran Berbasis Masalah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 40 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observating), dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data dengan tes hasil belajar dan lembar observasi. Berdasarkan evaluasi hasil belajar dan aktivitas belajar pada setiap pembelajaran dan berdasarkan kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian ini, ditemukan pada siklus I nilai rata-rata pretest siswa 34,87, lalu pada pelaksanaan posttest meningkat menjadi 70,5. Kemudian setelah dilakukan tindakan perbaikan model pembelajaran berbasis masalah pada siklus II terjadi peningkatak nilai rata-rata posttest siswa, nilai rata-rata posttest meningkat menjadi 82,0. Demikian halnya dengan ketuntasan belajar siswa siklus I sebanyak 22 orang siswa (55%) dinyatakan tuntas dan setelah dilakukan tindakan perbaikan siklus II sebanyak 36 orang siswa (90%) yang dinyatakan telah tuntas, sedangkan 4 orang siswa (10%) belum tuntas. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I dengan jumlah skor 28,15 siswa tergolong kurang aktif dan setelah dilakukan tindakan perbaikan siklus II diperoleh jumlah skor 36,99 siswa tergolong aktif. Dengan demikian dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa pada mata diklat Menggambar Teknik pada siswa kelas X Program Keahlian Teknik Permesinan SMK Bayu Pertiwi Sunggal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MES 055 |
Keywords: | Hasil belajar; Aktivitas menggambar teknik; Model pembelajaran berbasis masalah |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 02 May 2017 04:17 |
Last Modified: | 02 May 2017 04:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24415 |