Muhajir, Fakri (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING MENGGUNAKAN SCHOOLOGY PADA MATA PELAJARAN MESIN LISTRIK AC PADA SISWA KELAS XI TEKNIK INSTALASI PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK (TIPTL) SMK SWASTA IMELDA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. Nim 5122131007 COVER.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
2. 5122131007 surat pernyataan.pdf - Published Version
Download (489kB) | Preview
3. 5122131007 Abstrak.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
4. 5122131007 kata pengantar.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
5. 5122131007 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
6. 5122131007 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
7. 5122131007 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
8. 5122131007 Bab 1.pdf - Published Version
Download (401kB) | Preview
12. 5122131007 BAB V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
13. 5122131007 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Media pembelajaran, yang bertujuan untuk mengembangkan proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Web pada mata pelajaran Mesin Listrik AC dengan materi pokok Memperbaki motor listrik, membongkar dan melilit kumparan. Pengembangan media pembelajaran termasuk hal yang sangat dibutuhkan dalam inovasi pembelajaran, Pengembangan media pembelajaran yang baik serta dengan pemilihan media yang tepat sangat efektif digunakan dalam proses belajar mengajar. Penulis mencoba mengembangkan pembelajaran dengan menggunakan media atau aplikasi E-learning berbasis internet yang bersifat Open Source. Penulis mengembangkan pembelajaran bertujuan untuk membantu siswa agar dapat lebih memahami pelajaran dan juga memudahkan pengajar dalam menyampaikan pelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Imelda Medan, Jalan Bilal No52 Pulo Brayan Darat 1 Medan. Sumatera Utara di kelas XI TIPTL SMK Swasta Imelda Medan. Variabel dalam penelitian ini adalah Pengembangan Media pembelajaran dengan Menggunakan Media E-learning ( Schoology ) pada mata pelajaran Mesin Listrik AC. Sedangkan sample penelitian ini adalah 20 orang siswa kelas XI Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik SMK Swasta Imelda Medan. Secara umum, penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran. Prosedur penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan pembelajaran ADDIE (Analisys, Design, Develovment, Implementation, Evaluation). Pengertian penelitian dan pengembangan tertuju pada proses, penelitian tidak menghasilkan objek, sedangkan pengembangan menghasilkan objek yang dapat dilihat dan diraba. Dari data yang diperoleh melalui angket yang ada, secara keseluruhan responden menilai media pembelajaran E-learning sangat menarik, kreatif juga terstruktur dan memenuhi indikator kelayakan sebesar 4,4 dari ahli media dan 4,7 dari ahli materi dan 4,23 dari para siswa atau dalam kriteria Sangat Baik. Dengan demikian pengembangan media pembelajaran dengan Menggunakan E-learning ini sangat baik dilakukan melihat dari penilaian para responden dan juga tanggapan positif dan mendukung untuk Pengembangan media pembelajaran berbasis Internet. Para siswa menyukai pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Web Mesin Listrik AC.