MENANAMKAN KONSEP MATEMATIKA MENURUT PANDANGAN KONSTRUKTIVISTIK

Sinaga, Bornok (2001) MENANAMKAN KONSEP MATEMATIKA MENURUT PANDANGAN KONSTRUKTIVISTIK. Jurnal Pendidikan Science, 25 (03). pp. 54-63. ISSN 0853-3792

[thumbnail of pendidikan science vol 25 no 3 sep 2001Bornok Sinaga.pdf]
Preview
Text
pendidikan science vol 25 no 3 sep 2001Bornok Sinaga.pdf - Published Version

Download (677kB) | Preview

Abstract

Ilmu matematika dibangun berdasarkan kesepakatan dalam ide yang abstrak oleh manusia. Dengan demikian, konsep, unsur-unsur dan aturan-aturan yang ada dalam matematika dapat dikuasai secara utuh oleh peserta didik dengan syarat konsep maupun prinsip-prinsip yang ada dalam matematika harus dikonstruksi sendiri oleh siswa dengan bantuan guru sebagai fasilitator dan motivator. Dalam menanamkan konsep, para konstruktivistik selalu mengaitkan informasi baru dengan skemata yang telah dimiliki siswa sebelummya melalui proses asimilasi dan akomodasi sehingga tercipta jaringan konsep bagaikan sarang laba-laba.

Item Type: Article
Keywords: Fasilitator; Konsep matematika; Konstruktisvistik; Motivator
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 30 Mar 2016 04:22
Last Modified: 30 Mar 2016 04:22
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/244

Actions (login required)

View Item
View Item