Siregar, Tri Ansella (2017) PENGARUH MINAT BACA DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA SWASTA BINA SISWA TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7123141150 COVER.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
2. NIM 7123141150 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (417kB) | Preview
3. NIM 7123141150 PREFACE.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
4. NIM 7123141150 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
5. NIM 7123141150 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
6. NIM 7123141150 TABLES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
7. NIM 7123141150 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 7123141150 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM 7123141150 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (373kB) | Preview
13. NIM 7123141150 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
14. NIM 7123141150 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa kelas X SMA Swasta Bina Siswa Tahun Ajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1. Pengaruh minat baca terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Swasta Bina Siswa, 2. Pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Swasta Bina Siswa, 3. Pengaruh minat baca dan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Swasta Bina Siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah sejumlah 53 orang dan sampel sebanyak 53 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data digunakan dengan rumus regresi linear berganda, untuk uji hipotesis digunakan rumus parsial (uji-t) dan uji simultan (uji-f). Dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel X terhadap Y digunakan uji koefisien determinasi (uji R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh positif dan signifikan minat baca terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Swasta Bina Siswa dengan nilai thitung > ttabel (2,967 > 1,675) dan taraf signifikan penelitian < dari signifikan α 0,05 yaitu (0,03 ≤ 0,05) maka hipotesis 1 diterima. 2) Ada pengaruh kemampuan berpikir kritis siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Swasta Bina Siswa dengan nilai thitung > ttabel (5,888 > 1,675) dan taraf signifikan penelitian < dari signifikan α 0,05 yaitu (0,01 ≤ 0,05) maka hipotesis 2 diterima. 3) Ada pengaruh positif dan signifikan minat baca dan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Swasta Bina Siswa dengan fhitung > ftabel (103,418 > 4,03) dan taraf signifikan penelitian < dari signifikan α 0,05 (0,00 ≤ 0,05) maka disimpulkan hipotesis 3 diterima.
Untuk uji koefisien determinasi diperoleh nilai R2 0,805 (80,5%) sehingga dapat dikatakan bahwa pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 80,5% dan lainnya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh positif dan signifikan antara minat baca dan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Swasta Bina Siswa Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 012 |
Keywords: | Minat baca; Kemampuan berpikir kritis; Prestasi belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 28 Apr 2017 02:48 |
Last Modified: | 28 Apr 2017 02:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24357 |