PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA NEGERI 4 KEJURUAN MUDA KABUPATEN ACEH TAMIANG

Fakhrurrozi, Nanang (2016) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA NEGERI 4 KEJURUAN MUDA KABUPATEN ACEH TAMIANG. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 816122034 COVER.PDF]
Preview
Text
1. 816122034 COVER.PDF - Published Version

Download (79kB) | Preview
[thumbnail of 2. 816122034 LEMBAR PENGESAHAN.PDF]
Preview
Text
2. 816122034 LEMBAR PENGESAHAN.PDF - Published Version

Download (277kB) | Preview
[thumbnail of 3. 816122034 ABSTRAK.PDF]
Preview
Text
3. 816122034 ABSTRAK.PDF - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 4. 816122034 KATA PENGANTAR.PDF]
Preview
Text
4. 816122034 KATA PENGANTAR.PDF - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 5. 816122034 DAFTAR ISI.PDF]
Preview
Text
5. 816122034 DAFTAR ISI.PDF - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 6. 816122034 DAFTAR TABEL.PDF]
Preview
Text
6. 816122034 DAFTAR TABEL.PDF - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 7. 816122034 DAFTAR GAMBAR.PDF]
Preview
Text
7. 816122034 DAFTAR GAMBAR.PDF - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 8. 816122034 DAFTAR LAMPIRAN.PDF]
Preview
Text
8. 816122034 DAFTAR LAMPIRAN.PDF - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 9. 816122034 BAB I.PDF]
Preview
Text
9. 816122034 BAB I.PDF - Published Version

Download (279kB) | Preview
[thumbnail of 13. 816122034 BAB V.PDF]
Preview
Text
13. 816122034 BAB V.PDF - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 14. 816122034 DAFTAR PUSTAKA.PDF]
Preview
Text
14. 816122034 DAFTAR PUSTAKA.PDF - Published Version

Download (90kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran berbasis masalah dan hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori. (2) Mengetahui hasil belajar kimia siswa yang memiliki gaya belajar visual dan gaya belajar kinestetik. (3) Mengetahui ada tidaknya interaksi antara strategi pembelajaran dengan gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajar kimia siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah X SMA Negeri 4 Kejuruan Muda Tahun Pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari tujuh kelas dengan jumlah 232 siswa dan sebagai sampel dalam penelitian ini adalah kelas X-2 dengan jumlah 35 siswa dan kelas X-3 dengan jumlah 35 siswa. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) tes hasil belajar yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk pilihan berganda sebanyak 36 butir soal (2) Lembar angket gaya belajar siswa sebanyak 24 item. Instrumen tersebut telah memenuhi syarat validitas isi dan validitas konstruk serta koefisien reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (i) Hasil belajar siswa yang mendapatkan Pembelajaran Berbasis Masalah sebesar 24.7 lebih besar dari pada siswa yang mendapatkan pembelajaran Ekspositori sebesar 19.2; (ii) Gaya belajar gaya belajar yang berbeda. Karena perbedaan tersebut signifikan siswa yang memiliki Belajar kinestetisi sebesar 23.323 lebih besar dari pada siswa yang memiliki Gaya Belajar Visual sebesar 20.87 gaya belajar gaya belajar yang berbeda. Karena perbedaan tersebut signifikan siswa yang memiliki Belajar kinestetisi sebesar 23.323 lebih besar dari pada siswa yang memiliki Gaya Belajar Visual sebesar 20.87; dan (iii) Tidak ada interaksi antara faktor pembelajaran dengan faktor gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajar, Hasil Belajar Kimia siswa yang diajar dengan pembelajaran Berbasis Masalah yakni kelompok Kinestetis (26.063), dan kelompok Visual (23.632), lebih besar jika dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran Ekspositori yaitu kelompok Kinestetis (20.4), dan kelompok Visual (18.25).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.35 Fak p
Keywords: Pembelajaran berbasis masalah; Pembelajaran ekspositori; Hasil belajar; Gaya belajar siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 27 Apr 2017 04:32
Last Modified: 27 Apr 2017 04:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24330

Actions (login required)

View Item
View Item