Anniza, Wahyuni (2017) ANALISIS PERMASALAHAN PERILAKU SOSIAL ANAK SERTA CARA GURU MENGATASINYA PADA USIA 5-6 TAHUN DI TK ABA 05 MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 113313022_COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM. 113313022_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
3. NIM. 113313022_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
4. NIM. 113313022_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
5. NIM. 113313022_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
6. NIM. 113313022_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
7. NIM. 113313022_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 113313022_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 113313022_BAB I.pdf - Published Version
Download (399kB) | Preview
13. NIM. 113313022_BAB V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
14. NIM. 113313022_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah kurang mampunya anak dalam menjalin hubungan sosial dengan teman sebaya dan kurang maksimalnya guru dalam mengatasi permasalahan perilaku sosial anak dalam menjalin hubungan antar teman sebaya sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan perilaku sosial serta cara guru mengatasinya pada anak usia 5-6 tahun di TK ABA 05 MEDAN pada semester II. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskiptif kualitatif dan populasi penelitian berjumlah 123 orang anak dan 7 orang guru yang mengajar di TK ABA 05 MEDAN, instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman observasi dan wawancara, selanjutnya dianalisis dengan metode pengumpulan data, reduksi data, sajian data , penarikan kesimpulan / verifikasi. Hasil analisis data menunjukkan terdapat permasalahan perilaku sosial anak usia 5-6 tahun di TK ABA yaitu : perilaku agresif, perilaku pemalu, perilaku merusak, dan cara guru mengatasi permasalahan perilaku sosial tersebut dengan cara memberikan pendekatan, perhatian yang lebih, diberikan pengarahan dan pengertian,memberikan kesempatan yang banyak dalam melakukan suatu hal, serta menciptakan suasana yang nyaman. Kemudian hasil observasi dan wawancara terungkap bahwa terdapat 4 orang anak yang mengalami permasalahan perilaku sosial selain itu peran guru dalam mengatasi permasalahan sosial anak kurang, sehingga perlunya guru mengetahui permasalahan perilaku sosial anak sesuai dengan jenis permasalahan perilakunya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PAUD 013 |
Keywords: | Perilaku sosial; Anak usia dini; Karakteristik sosial |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 Apr 2017 02:57 |
Last Modified: | 27 Apr 2017 02:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24321 |