Triwulandari, Kikin (2017) PENGARUH BERMAIN LARI ESTAFET TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA T.I AL-MUSTHAFAWIYAH MEDAN, T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1131113013 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 1131113013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (462kB) | Preview
3. NIM. 1131113013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
4. NIM. 1131113013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
5. NIM. 1131113013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
6. NIM. 1131113013 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 1131113013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 1131113013 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 1131113013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (468kB) | Preview
13. NIM. 1131113013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
14. NIM. 1131113013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
Abstract
Dalam penelitian ini yang menjadi sebuah masalah adalah perkembangan motorik kasar anak yang belum berkembang secara optimal. Hal tersebut dikarenakan anak didik kurang percaya diri, cenderung takut, dan malas mengikuti aktivitas fisik di luar kelas serta kurangnya kegiatan pembelajaran yang dapat mengembangkan motorik kasar anak, seperti bermain lari estafet yang dapat mengembangkan motorik kasar anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan motorik kasar di RA T.I Al-MUSTHAFAWIYAH MEDAN. Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan bermain lari estafet terhadap perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di RA T.I Al-MUSTHAFAWIYAH MEDAN. Penelitian ini menggunakan 2 kelas kelompok yang memiliki karakteristik yang sama yaitu B2 dan B4. Penentuan sampel dilakukan secara acak atau rendom dengan jumlah sampel sebanyak 20 orang pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu bermain lari estafet sedangkan variabel terikatnya yaitu perkembangan motorik kasar. Analisis data menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, maka diperoleh nilai rata-rata pada kelas eksperimen 7,4 dengan nilai tertinggi 9 dan nilai terendah 5, sehingga perkembangan motorik kasar dikelas eksperimen memperoleh perbedaan yang signifikan. Sedangkan nilai rata-rata pada kelas kontrol 6,15 dengan nilai tertinggi 8 dan nilai terendah 4 sehingga perkembangan motorik kasar pada kelas kontrol memperoleh perbedaan yang signifikan. Berdasarkan hasil tersebut hipotesis menyatakan bahwa pembelajaran motorik dengan bermain lari estafet berpengaruh secara signifikan terhadap perkembangan motorik kasar anak yaitu dari uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,5300 >1,7074 pada taraf α = 0,05. Dengan demikian bermain lari estafet berpengaruh secara signifikan terhadap perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di RA T.I AL-MUSTHAFAWIYAH Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PAUD 015 |
Keywords: | Motorik kasar; Anak usia dini; Lari estafet; Halang rintang |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 Apr 2017 02:54 |
Last Modified: | 27 Apr 2017 02:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24320 |