Simamora, Fatimah (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VAK (VISUALIZATION, AUDIOTORY, KINESTHETIC) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI GAYA MAGNET DI KELAS V SD NEGERI 101771 TEMBUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1132111005_COVER.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
2. NIM. 1132111005_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
3. NIM. 1132111005_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM. 1132111005_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
5. NIM. 1132111005_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
6. NIM. 1132111005_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 1132111005_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1132111005_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
9. NIM. 1132111005_BAB I.pdf - Published Version
Download (376kB) | Preview
13. NIM. 1132111005_BAB V.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
14. NIM. 1132111005_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran VAK (visualization, audiotory, kinesthetic) lebih baik dari pada pembelajaran konvensional pada materi gaya magnet di kelas V SD Negeri 101771 Tembung Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V semester genap SD Negeri 101771 Tembung yang terdiri dari 2 kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas Va (sebagai kelas eksperimen) kelas Vb (sebagai kelas kontrol) yang masing-masing berjumlah 24 siswa yang ditentukan dengan teknik total sampling (sampel jenuh) yaitu seluruh populasi dijadikan sampel karena jumlah populasi kurang dari 100. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran VAK (visualization, audiotory, kinesthetic) dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Data yang digunakan tes pilihan berganda, jumlah soal 20 item yang sudah dinyatakan valid dan reliabel. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen adalah 48.96 dan kelas kontrol 50.20, setelah pembelajaran selesai diberikan post-test dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 81.87 dan kelas kontrol 72.70. Dari hasil uji t diperoleh thitung = 5.36 sedangkan ttabel = 2.01. Karena thitung >ttabel (5.36>2.01) maka Ho ditolak. Melalui uji t tersebut diperoleh hasil signifikan bahwa hasil belajar menggunakan model pembelajaran VAK (visualization, aodiotory, kinesthetic) lebih baik dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Kesimpulan dalam penelitian adalah dari hasil uji hipotesis didapat hasilnya signifikan, sehingga hasil belajar siswa dengan menerapkan model VAK (Visualization, Audiotory, Kinesthetic) memiliki pengaruh yang lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran IPA di kelas V.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 110 |
Keywords: | Belajar; Hasil belajar; Model pembelajaran; IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 Apr 2017 02:36 |
Last Modified: | 27 Apr 2017 02:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24317 |