Harlina, Nova (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MACTH DI KELAS IV SD NEGERI NO. 101772 TANJUNG SELAMAT T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 1131111026 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
02. NIM 1131111026 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (572kB) | Preview
03. NIM 1131111026 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
04. NIM 1131111026 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
05. NIM 1131111026 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
06. NIM 1131111026 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
07. NIM 1131111026 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
08. NIM 1131111026 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
09. NIM 1131111026 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
10. NIM 1131111026 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
11. NIM 1131111026 BAB I.pdf - Published Version
Download (411kB) | Preview
15. NIM 1131111026 BAB V.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
16. NIM 1131111026 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
Abstract
Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Make A Macth materi operasi hitung bilangan bulat di kelas IV SD Negeri No. 101772 Tanjung Selamat T.A 2016/2017.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri No. 101772 Tanjung Selamat T.A 2016/2017 yang berjumlah 37 siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Pelaksanaan penelitian dilakukan selama 2 siklus dimana setiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan. Jadi, dalam 2 siklus terdapat 4 kali pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan 4 tahap yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal pada materi operasi hitung bilangan bulat yang dilakukan siswa sebanyak 3 kali yaitu pretest, post test siklus I, post test siklus II dan lembar observasi digunakan untuk menilai yang dilakukan oleh peneliti. Hasil perolehan dari 37 orang siswa, pada pretest sebanyak 10 orang siswa yang mendapatkan nilai tuntas dengan persentase sebesar 27%, dan 27 orang siswa mendapatkan nilai tidak tuntas dengan persentase sebesar 73% dan nilai rata – rata klasikal siswa yaitu sebesar 58,10. Kemudian setelah pemberian tindakan pada siklus I dengan menggunakan model pembelajaran Make A Macth adanya peningkatan, yaitu sebanyak 22 orang siswa mendapatkan nilai tuntas dengan persentase sebesar 59,45% dan 15 orang siswa mendapatkan nilai tidak tuntas dengan persentase 40,54% dengan nilai rata – rata klasikal sebesar 70,54, hal ini menunjukkan bahwa peningkatan yang terjadi belum mencapai nilai ketuntasan dalam belajar oleh karena itu perlu dilakukan upaya perbaikkan pada siklus II. Pada siklus II dapat dilihat peningkatan nilai rata – rata klasikal sebesar 76,08, sebanyak 32 orang siswa mendapatkan nilai tuntas dengan persentase 86,48% dan 5 orang siswa yang tidak tuntas dengan persentase sebesar 13,51% sehingga tidak perlu adanya siklus III. Dengan demikian berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Make A Macth dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran MATEMATIKA dengan materi operasi hitung bilangan bulat di kelas IV SD Negeri 101772 Tanjung Selamat T.A 2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 121 |
Keywords: | Hasil belajar; Model pembelajaran; Make a match; Pembelajaran matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 26 Apr 2017 03:06 |
Last Modified: | 26 Apr 2017 03:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24294 |