MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE THE LEARNING CELL PADA PELAJARAN IPA KELAS V SDN 101775 SAMPALI KAB. DELI SERDANG T.A 2016/2017

Priani, Nelda Okta (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE THE LEARNING CELL PADA PELAJARAN IPA KELAS V SDN 101775 SAMPALI KAB. DELI SERDANG T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. COVER NELDA OKTA PRIANI (NIM 1133311015).pdf]
Preview
Text
01. COVER NELDA OKTA PRIANI (NIM 1133311015).pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 02. LEMBAR PERSETUJUAN NELDA OKTA PRIANI (NIM 1133311015).pdf]
Preview
Text
02. LEMBAR PERSETUJUAN NELDA OKTA PRIANI (NIM 1133311015).pdf - Published Version

Download (546kB) | Preview
[thumbnail of 03.  ABSTRAK NELDA OKTA PRIANI (NIM 1133311015).pdf]
Preview
Text
03. ABSTRAK NELDA OKTA PRIANI (NIM 1133311015).pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[thumbnail of 04. KATA PENGANTAR NELDA OKTA PRIANI (NIM 1133311015).pdf]
Preview
Text
04. KATA PENGANTAR NELDA OKTA PRIANI (NIM 1133311015).pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of 05. DAFTAR ISI  NELDA OKTA PRIANI (NIM 1133311015).pdf]
Preview
Text
05. DAFTAR ISI NELDA OKTA PRIANI (NIM 1133311015).pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 06. DAFTAR TABEL NELDA OKTA PRIANI (NIM 1133311015).pdf]
Preview
Text
06. DAFTAR TABEL NELDA OKTA PRIANI (NIM 1133311015).pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 07. DAFTAR LAMPIRAN NELDA OKTA PRIANI (NIM 1133311015).pdf]
Preview
Text
07. DAFTAR LAMPIRAN NELDA OKTA PRIANI (NIM 1133311015).pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 08. DAFTAR GAMBAR NELDA OKTA PRIANI (NIM 1133311015).pdf]
Preview
Text
08. DAFTAR GAMBAR NELDA OKTA PRIANI (NIM 1133311015).pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 09. BAB 1 NELDA OKTA PRIANI (NIM 1133311015).pdf]
Preview
Text
09. BAB 1 NELDA OKTA PRIANI (NIM 1133311015).pdf - Published Version

Download (411kB) | Preview
[thumbnail of 13. BAB V NELDA OKTA PRIANI (NIM 1133311015).pdf]
Preview
Text
13. BAB V NELDA OKTA PRIANI (NIM 1133311015).pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA NELDA OKTA PRIANI (NIM 1133311015).pdf]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA NELDA OKTA PRIANI (NIM 1133311015).pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview

Abstract

Masalah dalampenelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) Materi Pokok Peristiwa Alam ,Beberapa masalah yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa yaitu guru lebih dominan menggunakan metode konvensional ,metode yang di gunakan guru kurang bervariasi, siswa cenderung pasif selama proses pembelajaran berlangsung,Rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA, karena kurangnya keberanian siswa dala bertanya dan menyampaikan pendapat. Penelitian yang di lakukan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, Siklus I dan Siklus II. Sebelum dilakukan tindakan pada Siklus I, Peneliti melakukan pretest untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Dengan demikian rumusan masalah pada penelitian ini adalah “menggunakan Metode pembelajara The Learning Cell untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Materi pokok Peristiwa Alam di kelas V A SDN 101775 Sampali kab.Deli Serdang T.A 2016/2017”. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode The Learning Cell dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas VB SDN 101775 Sampali kab.Deli Serdang T.A 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V A SDN 101775 Sampali Kab.Deli Serdang yang berjumlah 26 Siswa. Berdasarkan analisis data Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan MetodeThe Lerning Cell dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 101775 Sampali kab. Deli serdang yang di bukikan dengan nilai tes awal 47,11dimana 5 orang siswa atau(19,23%) siswa yang mencapai tingkat ketuntasan sedangkan ada 21 orang belum mencapai ketuntasan belajar. namun setelah dilakukan tindakan pada siklus I di peroleh nilai rata-rata hasil belajar sebesar 67,11 dimana 14 orang siswa atau (53,84%) siswa yang mencapai tingkat ketuntasan belajar,sedangkan 12 orang belum mencapai ketuntasan belajar. Pada siklus II ini terdapat rata-rata tes hasil belajar siswa diperoleh 80,19% dimana 23 orang siswa atau(88,46%) siswa sudah mencapai tingkat ketuntasan belajar , sedangkan 3 orang siswa (11,53%)lainya belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode The Learning Cell dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran sains kelas V SD Negeri 101775 Sampali kab. Deli serdang. Guru juga hendaknya menggunakan metode The Learning Cell supaya siswa lebih aktif, Kreatif dalam proses belajar mengajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 PGSD 102
Keywords: Hasil belajar siswa; IPA; Hakikat pembelajaran; Materi pelajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 26 Apr 2017 02:41
Last Modified: 26 Apr 2017 02:41
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24285

Actions (login required)

View Item
View Item