Anisah, Ummi (2017) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN TINGKAT KEDISIPLINAN SISWA DI KELAS V SD NEGERI NO.101801 DELITUA TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. COVER UMMI ANISAH (NIM 1131111046).pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
02. LEMBAR PERSETUJUAN UMMI ANISAH (NIM 1131111046.pdf - Published Version
Download (605kB) | Preview
03. ABSTRAK UMMI ANISAH (NIM 1131111046.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
04. KATA PENGANTAR UMMI ANISAH (NIM 1131111046.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
05. DAFTAR ISI UMMI ANISAH (NIM 1131111046.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
06. DAFTAR TABEL UMMI ANISAH (NIM 1131111046.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
07. DAFTAR GAMBAR UMMI ANISAH (NIM 1131111046.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
08. DAFTAR LAMPIRAN UMMI ANISAH (NIM 1131111046.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
09. BAB I UMMI ANISAH (NIM 1131111046.pdf - Published Version
Download (505kB) | Preview
13. BAB V UMMI ANISAH (NIM 1131111046).pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA UMMI ANISAH (NIM 1131111046).pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Masalah utama dalam penelitian ini adalah rendahnya tingkat kedisiplinan siswa menyebabkan timbulnya perilaku tidak teratur, tidak terkontrol, tidak tertib yang pada gilirannya mengganggu kegiatan belajar mengajar di sekolah. Salah satu hal yang menyebabkan tinggi rendahnya kedisiplinan siswa adalah motivasi belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara Motivasi Belajar dengan Tingkat Kedisiplinan Siswa di Kelas V SD Negeri No. 101801 Delitua. Motivasi belajar adalah dorongan yang diterima oleh siswa baik dari dalam maupun luar dirinya yang memberikan semangat atau kekuatan untuk menghasilkan perubahan tingkah laku yang berlangsung secara menetap. Kedisiplinan siswa adalah sikap penuh kerelaan dan kesadaran diri siswa dalam mematuhi segala peraturan yang ada untuk mengembangkan potensi dirinya dan berperilaku beraturan. Penelitian ini merupakan penelitian deksriptif korelasional. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri No.101801 Delitua Tahun Ajaran 2016/2017 dengan populasi sebanyak 126 orang dan sampel dengan sampel 95 orang (α = 0,05). Populasi diambil dari kelas V. Instrumen yang digunakan dalah angket tertutup dari masing masing variabel dengan skala linkert. Pengujian analisis data yang digunakan adalah normalitas, linieritas, uji korelasi product moment dan uji keberartian hipotesis. Nilai korelasi sebesar 0,677 menunjukkan bahwa ada hubungan yang kuat antara motivasi belajar dengan tingkat kedisiplinan siswa di kelas V SD Negeri 101801 Delitua
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar sekolah di kelas V SD Negeri 101801 Delitua dalam kategori cukup dengan Skor rata-rata 2,85 dan tingkat Kedisiplinan Siswa dalam kategori cukup dengan Skor rata-rata 2,97. Hasil perhitungan korelasi product moment diperoleh rxy = 0,665. Selanjutnya pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan jumlah responden 95 siswa diperoleh rtabel = 0,316. Dengan demikian harga rhitung> rtabel yaitu 0,665 > 0,316, sehingga dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi antara variabel model motivasi belajar (variabel X) dengan kedisiplinan (variabel Y) adalah signifikan. Artinya hipotesis yang diajukan dapat diterima. Dengan demikian disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara Motivasi Belajar Siswa Dengan Tingkat Kedisiplinan Siswa Di Kelas V SD Negeri 101801 Delitua T.A. 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 098 |
Keywords: | Kedisiplinan siswa; Motivasi belajar; Hakikat belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 26 Apr 2017 02:27 |
Last Modified: | 26 Apr 2017 02:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24278 |