Disma, Ramu Praka (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBLLING DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI PENERAPAN GAYA MENGAJAR INKLUSI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 050684 TANJUNG PUTUS KAB.LANGKAT TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 Nim 6103311187 Cover.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
2 Nim 6103311187 Approval Sheet.pdf - Published Version
Download (602kB) | Preview
3 Nim 6103311187 Abctract.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
4 Nim 6103311187 Acknowledment.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
5 Nim 6103311187 Table of Content.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6 Nim 6103311187 Table.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7 Nim 6103311187 Illustration.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8 Nim 6103311187 Appendices.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
9 Nim 6103311187 Chapter I.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
13 Nim 6103311187 Chapter V.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
14 Nim 6103311187 References.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar driblling dalam permainan sepak bola pada siswa kelas V SD NEGERI 050684 Tanjung Putus Kab.Langkat dengan menerapkan gaya mengajar inklusi.
Lokasi penelitian ini adalah di SD NEGERI 050684 Tanjung Putus Kab.Langkat Tahun Ajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas V sebanyak 30 orang.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari dua siklus, siklus I dan II. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I peneliti memberi pre test untuk mengetahui letak kesulitan pada driblling bola menggunakan kaki sisi bagian luar, dilanjutkan dengan siklus I dan pos test siklus I, siklus II dan diakhri dengan pemberian pos test siklus II dengan instrumen penelitian lembaran pengamatan test hasil belajar driblling bola menggunakan kaki sisi bagian luar dengan menggunakan lembar fortopolio.
Dengan menerapkan gaya mengajar inklusi pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar driblling bola menggunakan kaki sisi bagian luar siswa dari mulai tes awal hingga pada siklus II, pada tes awal yang dilakukan terdapat 9 orang siswa (30%) yang berhasil dalam mencapai ketuntasan belajar. Sedangkan yang tidak mencapai ketuntasan 21 orang siswa (70%) dengan rata-rata nilai 63. Ketuntasan belajar siswa pada postes siklus I mencapai 21 orang siswa (70%) yang berhasil dalam mencapai ketuntasan belajar. Sedangkan yang tidak mencapai ketuntasan 6 orang siswa (20%) dengan rata-rata nilai yaitu 69,6. Dan ketuntasan belajar siswa pada postes siklus II mencapai 26 orang siswa (87%) yang berhasil dalam mencapai ketuntasan belajar. Sedangkan yang tidak mencapai ketuntasan 4 orang siswa (13%) dengan rata-rata nilai 75,6. Jadi dapat
ii
disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dalam driblling bola menggunakan kaki sisi bagian luar dengan menerapkan gaya mengajar inklusi di kelas V SD 050684 Tanjung Putus Kab.Langkat Tahun Ajaran 2016/2017.
Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan menggunakan gaya mengajar inklusi dapat meningkatkan hasil belajar driblling bola menggunakan kaki sisi bagian luar pada siswa kelas V SD 050684 Tanjung Putus Kab.Langkat Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PJS 005 |
Keywords: | Pendidikan Jasmani, Hasil belajar, Sepak Bola |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Apr 2017 09:26 |
Last Modified: | 25 Apr 2017 09:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24262 |