Alexander, Febrico (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING KAKI BAGIAN DALAM PADA PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI PENERAPAN GAYA MENGAJAR RESIPROKAL PADA SISWA KELAS VIII SMP YP. RAKSANA MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM.6103311088 Cover.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2.NIM.6103311088 PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (433kB) | Preview
3.NIM.6103311088 Abstrak.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
4.NIM.6103311088 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
5.NIM.6103311088 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
6.NIM.6103311088 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
7.NIM.6103311088 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
8.NIM.6103311088 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
9.NIM.6103311088 Bab 1.pdf - Published Version
Download (459kB) | Preview
13.NIM.6103311088 Bab 5.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
14.NIM.6103311088 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Passing kaki bagian dalam pada permainan sepak bola dengan menggunakan gaya mengajar resiprokal pada siswa kelas VIII SMP YP.Raksana Tahun Ajaran 2016/2017 . Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP YP.Raksana dengan jumlah siswa 35 orang siswa dengan laki-laki 17 orang dan perempuan 18 orang. Untuk menganalisis data dalam penelitian ini dan untuk mengetahui hasil dilihat dari ketuntasan siswa secara individu dan secara klasikal. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar I dan tes hasil belajar II yang berbentuk aplikasi teknik dasar passing sepak bola dengan menggunakan kaki bagian dalam menggunakan penilaian portofolio. Berdasarkan hasil tes awal yang dilakukan pada siswa kelas VIII SMP YP.Raksana Tahun Ajaran 2016/2017. Dari 35 siswa dan data terkumpul dilakukan analisa : (1) Dari tes hasil belajar sebelum menggunakan gaya mengajar Resiprokal dalam pembelajaran (Pre test) diperoleh 8 orang siswa (22,85%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 27 orang siswa (77,14%) belum mencapai ketuntasan belajar. Kemudian dilakukan pembelajaran dengan menggunakan penerapan gaya mengajar resiprokal. (2) Dari tes hasil belajar menggunakan gaya mengajar resiprokal pembelajaran, di siklus I diperoleh 19 orang siswa (54,29%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 16 orang siswa (45,71%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 70. Kemudian dilakukan kembali pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran gaya mengajar resiprokal. (3) Dari tes hasil belajar II di siklus II diperoleh 30 orang siswa (85,71%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 5 orang siswa (14,29%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 75. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 4,2% dan peningkatan ketuntasan klasikalnya sebesar 31,42%. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa dengan menggunakan penerapan gaya mengajar resiprokal dapat meningkatkan hasil belajar Passing kaki bagian dalam pada permainan sepak bola pada siswa kelas VIII SMP YP. Raksana Medan Tahun Ajaran 2016/2017 .
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PJS 004 |
Keywords: | Pendidikan Jasmani, Sepak Bola, SMP |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Apr 2017 09:22 |
Last Modified: | 25 Apr 2017 09:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24261 |