Tarigan, Ferdinan Eddy Septa (2017) PENERAPAN GAYA MENGAJAR INKLUSI DAN MODIFIKASI ALAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLE SEPAKBOLA PADA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA SANTA MARIA KABANJAHE KABUPATEN KARO TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6101112002 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 6101112002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
3. NIM. 6123311030 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
4. NIM. 6123311030 PREFACE.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
5. NIM. 6123311030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
6. NIM. 6123311030 TABLE.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
7. NIM. 6123311030 TABLE ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
8. NIM. 6123311030 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
9. NIM. 6123311030 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
13. NIM. 6101112002 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
14. NIM. 6101112002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Dribble Sepakbola melalui penerapan gaya mengajar inklusi dan modifikasi alat pada siswa kelas VIII-D SMP Swasta Santa Maria Kabanjahe Kabupaten Karo Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Swasta Santa Maria Kabanjahe. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-D SMP Swasta Santa Maria yang berjumlah 29 orang diantaranya terdiri dari 9 siswa putra dan 20 siswa putri.
Dari hasil data awal yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam melakukan Dribble Sepakbola masih rendah yaitu 9 siswa (31,03%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 20 siswa (68,97%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Selanjutnya diberi pembelajaran Dribble melalui penerapan gaya mengajar Inklusi dan Modifikasi Alat. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa. Dari tes hasil belajar siklus I diperoleh 20 siswa (68,97%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 9 siswa (31,04%) belum mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 74,59. Pada siklus II hasil belajar Dribble Sepakbola yaitu 26 siswa (89,66%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 3 siswa (10,31%) belum mencapai tingkat ketuntasan dalam belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 83,80. Ini berarti ketuntasan belajar secara klasikal(≥85%) telah tercapai. Dapat dilihat bahwa hasil belajar siswa dari tes awal sampai dilakukannya siklus I dan siklus II terjadi peningkatan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa melalui penerapan gaya mengajar Inklusi dan Modifikasi Alat dapat meningkatkan hasil belajar Dribble Sepakbola pada siswa kelas VIII-D SMP Swasta Santa Maria Kabupaten Karo Tahun ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PJKR 061 |
Keywords: | Pendidikan Jasmani, Sepa Bola, gaya Mengajar |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Apr 2017 07:02 |
Last Modified: | 25 Apr 2017 07:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24249 |