Sitepu, Riska Aginta Br. (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MATERI ORGANISASI DI KELAS V SD NEGERI 108075 DELI TUA BARAT T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 1131111034 COVER.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
02. NIM 1131111034 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (538kB) | Preview
03. NIM 1131111034 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
04. NIM 1131111034 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
05. NIM 1131111034 DAFTAR IS1.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
06. NIM 1131111034 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
07. NIM 1131111034 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
08. NIM 1131111034 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
09. NIM 1131111034 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
10. NIM 1131111034 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
11. NIM 1131111034 BAB I.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
15. NIM 1131111034 BAB V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
16. NIM 1131111034 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan masih rendah dikarenakan guru menggunakan metode ceramah dan lebih menekankan pada hafalan dan membuat catatan, keaktifan siswa siswi untuk bertanya dan menjawab pertanyaan dalam kegiatan KBM masih belum optimal sehingga siswa kurang termotivasi untuk belajar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) di kelas VB Semester genap SD 108075 Deli Tua Barat pada tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan menggunakan model Word Square di SD Negeri 108075 Deli Tua Barat tahun ajaran 2016/2017. (2) mendeskripsikan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan dengan menggunakan model Word Square di SD Negeri 108075 Deli Tua Barat pada tahun ajaran 2016/2017. Dari hasil analisis data diperoleh peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi organisasi. Dimana pada saat pretes ketuntasan belajar dari 30 orang siswa hanya 6 orang siswa yang tuntas hasil belajar persentase 20% dan yang tidak tuntas 24 orang siswa dengan persentase 80% dengan nilai rata – rata 5,100% Setelah melakukan siklus I dengan menggunakan model Word Square ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 20 orang siswa dengan presentase 60% dan yang tidak tuntas 10 orang siswa dengan persentase 40% dengan nilai rata – rata 7,33 . Perolehan dari hasil siklus I perlu tindak lanjuti siklus II, Sehingga secara signifikan hasil belajar siklus II pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi organisasi menggunakan model Word Square meningkat menjadi 30 orang siswa yang tuntas hasi belajarnya dengan persentase 100% dengan nilai rata –rata 9,47. dari pengolahan tes hasil belajar pada siklus II ternyata persentase ketuntasan belajar siswa sudah memenuhi target seperti yang ditetapkan dengan persentase ketuntasan belajar ideal 75 % siswa yang telah mencapai nilai KKM 75. Dengan demikian maka dapat disimpulkan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Word Square dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 108075 Deli Tua Barat pada pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi organisasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 099 |
Keywords: | Hasil belajar; Pendidikan kewarganegaraan; Model pembelajaran |
Subjects: | J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1338 Public administration > JF1501 Civil service L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 25 Apr 2017 02:55 |
Last Modified: | 25 Apr 2017 02:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24227 |