Nur, Zubaidah (2017) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TIPE SCRAMBLE PADA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 060808 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133111073 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 1133111073_APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (561kB) | Preview
3. NIM 1133111073_ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
4. NIM 1133111073_PREFACE.pdf - Published Version
Download (366kB) | Preview
5. NIM 1133111073_TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM 1133111073_ TABLES.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
7. NIM 1133111073_ILLUTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM 1133111073_CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (371kB) | Preview
12. NIM 1133111073_CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
13. NIM. 1133111073_BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model tipe Scramble pada pelajaran IPA materi gaya magnet di kelas V. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan teknik analisis datanya terdiri dari 2 siklus dengan 4 tahapanya itu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah subjek kelas V SD Negeri 060808 Medan yang terdiri dari satu kelas sebanyak 32 siswa, dimana 18 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan model tipe Scramble dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan alat pengumpulan data berupa lembar observasi motivasi belajar siswa. Dari hasil data observasi dapat diketahui bahwa motivasi belajar siswa kelas V yakni sebanyak 16 orang siswa (50%) memiliki motivasi belajar rendah, sebanyak 10 orang siswa (31,25%) memiliki motivasi belajar sedang dan sebanyak 6 orang siswa (18,75%) memiliki motivasi belajar tinggi dan tidak ada siswa yang mendapatkan motivasi sangat tinggi (0%) dengan rata-rata 60. Pada siklus I pertemuan II motivasi belajar siswa sebanyak 7 orang siswa (21,87%) memiliki motivasi belajar rendah, sebanyak 10 orang siswa (31,25%) memiliki motivasi belajar sedang, sebanyak 9 orang siswa (28,13%)memiliki motivasi belajar tinggi, dan 6 orang siswa (18,75%) memiliki motivasi belajar sangat tinggi dengan rata-rata 69. Selanjutnya untuk siklus II pertemuan I terdapat 4 orang siswa (14,2%) memiliki motivasi belajar rendah, sebanyak 5 orang siswa yang (15,62%) memiliki motivasi belajar sedang, sebanyak 15 orang siswa (46,8%) memiliki motivasi belajar tinggi dan sebanyak 8 orang siswa (25%) memiliki motivasi belajar sangat tinggi dengan rata-rata 74. Pada siklus II Pertemuan II dapat diketahui bahwa tidak terdapat siswa (0%) memiliki motivasi belajar rendah, sebanyak 4 orang siswa (12,5%) memiliki motivasi belajar sedang, sebanyak 5 orang siswa (15,63%) memiliki motivasi belajar tinggi dan sebanyak 23 orang siswa (71,87%) memiliki motivasi sangat tinggi dengan rata-rata 81.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa meningkat setelah menggunakan model tipe Scramble pada pelajaran IPA pokok bahasangaya magnet di kelas V SD Negeri 060808 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 122 |
Keywords: | Motivasi belajar siswa; Model tipe scramble |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 25 Apr 2017 02:50 |
Last Modified: | 25 Apr 2017 02:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24226 |