Tarigan, Darwin Diego (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HUKUM NEWTON TENTANG GRAVITASI DI KELAS XI SEMESTER I SMA NEGERI 1 PANCUR BATU T.A. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4103121014 COVER.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
2. NIM 4103121014 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
3. NIM 4103121014 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
4. NIM 4103121014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
5. NIM 4103121014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
6. NIM 4103121014 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM 4103121014 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 4103121014 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM 4103121014 BAB I.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
13. NIM 4103121014 BAB V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
14. NIM 4103121014 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Hukum Newton Tentang Gravitasi.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI Semester I (Ganjil) SMA Negeri 1 Pancur Batu yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 5 kelas secara acak yaitu kelas XI MIA-4 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 orang dan kelas XI MIA-5 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal dengan 4 option yang telah divalidasi oleh tim validator yang terdiri dari dosen ahli M.Pd dan M.Si. Pengujian hasil belajar adalah dengan uji t, sedangkan hasil observasi dengan analisis deskriptif.
Berdasarkan analisa data diperoleh peningkatan hasil belajar siswa pada setiap pertemuan yakni pertemuan pertama, kedua, dan ketiga untuk kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dan hasil uji hipotesis thitung = 1,965 dengan taraf nyata α = 0,05 diperoleh ttabel = 1,6697 (thitung > ttabel) yang berarti Ha diterima, sehingga disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Hukum Newton Tentang Gravitasi di kelas XI Semester I (Ganjil) SMA Negeri 1 Pancur Batu T.A. 2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 064 |
Keywords: | Model pembelajaran Discovery Learning, Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC310 Thermodynamics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Apr 2017 02:05 |
Last Modified: | 25 Apr 2017 02:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24216 |