Sihombing, Eka Patrian (2017) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR ANATOMI FISIOLOGI PADA SISWA KELAS X TATA KECANTIKAN SMK NEGERI 10 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5123344010 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2. NIM. 5123344010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (364kB) | Preview
3. NIM. 5123344010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
4. NIM. 5123344010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
5. NIM. 5123344010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
6. NIM. 5123344010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
7. NIM. 5123344010 TABLES.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
8. NIM. 5123344010 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
9. NIM. 5123344010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
13. NIM. 5123344010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
14. NIM. 5123344010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar anatomi dan fisiologi kecantikan yang diajar dengan menggunakan media power point. Untuk mengetahui hasil belajar anatomi dan fisiologi kecantikan yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Untuk mengetahui pengaruh media power point terhadap hasil belajar anatomi dan fisiologi pada siswa kelas X Tata Kecantikan SMK Negeri 10 Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan menggunakan dua kelas sebagai sampel penelitian. Kelas eksperimen menerapkan pembelajaran dengan menggunakan media power point sebanyak 31 orang siswa sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional sebanyak 31 orang siswa. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes untuk melihat hasil belajar anatomi dan fisiologi kecantikan siswa. Analisis data yang digunakan adalah uji parametrik yaitu uji t dengan persyaratan analisis uji normalitas dan homogenitas. Dari uji normalitas pretes eksperimen diperoleh L_o=0,0848. Uji normalitas postes eksperimen diperoleh L_o=0,1063. Uji normalitas pretes kontrol diperoleh L_o=0,1070. Uji normalitas postes kontrol diperoleh L_o=0,1055. Dari tabel diperoleh L_tabel=0,1591 dengan n = 31 dan α=0,05. Karena L_o<L_tabel maka semua kelompok data berdistribusi normal. Dari uji homogenitas pretes diperoleh F_hitung=1,04. Uji homogenitas postes diperoleh F_hitung=1,44. Karena F_hitung<F_tabel maka varians data pretes dan data postes adalah homogen. Hasil dari penelitian ini adalah hasil belajar anatomi dan fisiologi kecantikan siswa dengan menggunakan media power point berada pada kategori tinggi. Hasil belajar anatomi dan fisiologi kecantikan siswa menggunakan pembelajaran konvensional berada pada kategori cukup. Terdapat pengaruh media power point terhadap hasil belajar anatomi dan fisiologi pada siswa kelas X Tata Kecantikan SMK Negeri 10. Hal ini dibuktikan dari hasil uji statistik yaitu diperoleh t_hitung=7,92 dan t_(1-1/2 α)=2,00 dengan α = 0,05 dan dk = 60 sehingga t_hitung>t_(1-1/2 α) atau 7,92>2,00.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 RIAS 035 |
Keywords: | Media power point; Hasil belajar; Anatomi fisiologi kecantikan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT950 Hairdressing. Beauty culture. Barbers' work |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 20 Apr 2017 09:09 |
Last Modified: | 20 Apr 2017 09:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24179 |