Simatupang, Theresia Erta Bela (2017) PENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR PEMANGKASAN TEKNIK INCREASE LAYER PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 10 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 5123344033 COVER.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
2. 5123344033 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (498kB) | Preview
3. 5123344033 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
4. 5123344033 KATA PENEGANTAR.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
5. 5123344033 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
6. 5123344033 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
7. 5123344033 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
8. 5123344033 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
9. 5123344033 BAB I.pdf - Published Version
Download (441kB) | Preview
13. 5123344033 BAB V.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
14. 513344033 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui hasil belajar pemangkasan increase layer menggunakan media gambar. (2) Untuk mengetahui hasil belajar pemangkasan increase layer tanpa menggunakan media gambar (3) Untuk mengetahui pengaruh media gambar terhadap hasil belajar pemangkasan rambut teknik increase layer siswa kelas XI SMK Negeri 10 Medan. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas XI jurusan Kecantikan SMK Negeri 10 Medan Tahun Ajaran 2016/2017 sebanyak dua kelas dengan jumlah 67 siswa dengan jumlah masing-masing kelas yaitu XI KC 1 = 32 orang untuk kelas eksperimen, XI KC 2 = 35 orang untuk kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling yaitu teknik untuk menetapkan kelas sebagai sampel dengan mengambil seluruh jumlah siswa, sehingga sampel penelitian sebanyak 67 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes. Uji validitas tes menggunakan rumus koefisien point biserial sedangkan uji reabilitas menggunakan rumus KR-20. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji parametric yaitu uji t dengan persyaratan analisis uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar pemangkasan increase layer dengan menggunakan media gambar diperoleh nilai rata-rata 80,09. Sedangkan rata rata hasil belajar pemangkasan rambut increase layer tanpa menggunakan media gambar sebesar 67,46. Hasil belajar menggunakan media gambar mampu mengantarkan siswa pada kriteria kompeten 50,00% sedangkan hasil belajar tanpa menggunakan media gambar hanya mampu mengantarkan siswa pada kriteria cukup kompeten 82,85%. Uji normalitas data pretes eksperimen diperoleh L_o=0,1040 dari table liliefor diperoleh L_tabel 0,1566 Karena L_o=0,1040<L_tabel=0,1566,data postes eksperimen L_o=0672 dari table liliefor diperoleh L_tabel=0,1566 Karena L_o=0,0672<L_tabel=0,1566 maka dapat disimpulkan bahwa kedua data kelas eksperimen dan kontrol berdistribusi normal. uji homogenitas data pretes diperoleh F_hitung=1,14<F_tabel=1,82 maka disimpulkan data pretes adalah homogen. Uji homogenitas data postes diperoleh F_hitung=1,05<F_tabel=1,82 maka data postes adalah homogen.Terdapat pengaruh media gambar terhadap hasil belajar pemangkasan rambut increase layer siswa kelas XI SMK Negeri 10 Medan. Hal ini dibuktikan dari hasil uji statistic yaitu diperoleh t_hitung=6,51 dan t_(1-1/2 α)=2,00 dengan α = 0,05 dan dk = 65 sehingga sehingga t_hitung>t_(1-1/2 α) atau 6,51>2,00.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 RIAS 040 |
Keywords: | Media gambar; Hasil belajar; Pemangkasan teknik increase layer |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT950 Hairdressing. Beauty culture. Barbers' work |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 20 Apr 2017 09:07 |
Last Modified: | 20 Apr 2017 09:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24178 |